Social Icons

Pages

Kamis, 07 Desember 2017

Air Terjun Telunjuk Raung, Secuil Surga di Kaki Gunung Raung

Air Terjun Telunjuk Raung sepertinya masih asing di telinga kita, karena wisata Banyuwangi lebih terkenal wisata pantainya apalagi G-Land alias Pantai Plengkung yang sudah sangat mendunia. Kali ini kita main-main ke gunung yukkk.. tapi nggak sampai ke atas, kita main di kaki gunungnya saja, karena bawa anak-anak kita cari wisata yang sekiranya bikin mereka senang tapi tetap nyaman, dan pilihan pertama kali di air terjun ini.

 Air Terjun Telunjuk Raung yang kini dinamai Air Terjun Telunjuk Raung Mangaran berlokasi di dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kec.Songgon, Banyuwangi. Jarak dari pusat kota Banyuwangi sekitar 40km, sekitar 1 setengah jam dengan kendaraan bermotor. Kalau dari rumah bulek kemarin saya hanya setengah jam, tapiiii jalannya belok naik turun ini lumayan juga apalagi bonceng anak-anak hehehhe... Tapi jangan khawatir perjuangan di perjalanan akan terbayar tuntas bahkan sebelum sampai di air terjun, pemandangan yang disuguhkan ini sangatlah tak mengecewakan.

Sebelum kita sampai di wisata ini, kita harus melewati perkebunan cengkeh dan kopi, nanti kelihatan portal yang dijaga oleh satpam, untuk sekedar berjaga-jaga biar tidak nyasar. Jadi inilah pemisah antara wilayah kampung pemukiman menuju tempat wisata. Setelah itu kita akan melewati kebun lombok dan berbagai macam sayuran. Baru lewat sini aja


Kabarnya wisata ini masih dibuka baru saja setahun, tapi menurutku disini sudah sangat siap untuk dinikmati para wisatawan. Fasilitas yang disediakan juga sudah cukup lengkap. Kantin, mushola, parkir, ruang ganti dan juga gazebo.

HTM Air Terjun Telunjuk Raung  gratis, kita hanya dikenai biaya 5ribu saja untuk parkir.

Untuk menikmati air terjun, kita masuk melalui gapura yang sudah disediakan, dan kita harus menuruni ratusan anak tangga yang sebagian masih semi permanen. Beberapa tangga bahkan masih berupa tanah biasa, maka dari ini aku sarankan kalau mau kesini jangan pas waktu musim hujan, pilihlah saat musim kemarau agar lebih aman, terlebih lagi membawa anak-anak.

Air yang sangat dingin tapi membuat kita ketagihan ingin berlama -lama bahkan tidak ingin pulang. Damai, sangat tenang dan sangat menyenangkan, itulah hal yang aku rasakan saat berada di wisata kaki gunung raung yang satu ini.


Selain air terjun kita juga bisa menikmati pemandangan dari atas rumah pohon. Ada 2 rumah pohon disini, 2 tingkat dan 4 tingkat. Buat yang takut jangan berlama-lama di tingkat 4 ini, kalau dibawah banyak orang akan terasa bergoyang-goyang hehehhee... tapi jangan khawatir Insya Allah disini aman kok. Taman bunga juga ada di wisata Air Terjun Telunjuk Raung ini. jadi buat kamu-kamu yang ingin berselfie cantik ria, silahkan manfaatkan mengabadikan photo kamu di taman bunga ini.

Tips liburan di Air Terjun Telunjuk Raung

  • Isi cukup bensin kendaraan kamu, disini cukup jauh dengan POM.
  • Jangan lupa bawa air minum, karena untuk perjalanan menuju dan kembali dari air terjun cukup menguras tenaga, atau setidaknya botol minuman saja karena, nanti kita bisa mengisi air di tempat wudhu yang Insya Allah aman untuk diminum.
  • Jangan lupa bawa baju ganti untuk yang ingin berenang atau sekedar main air, karena sayang kalau jauh-jauh kesini nggak main air. 
  • Bawa minyak kayu putih terutama yang kemari bersama anak-anak atau bayi. 
  • Camilan untuk yang ingin berlama-lama di bawah, karena di are air terjun tidak ada yang berjualan. 

Nah, buat kamu-kamu yang ingin berlibur ke asal bahasa Osing ini, aku menyarankan kamu untuk harus datang ke sini, yakin deh nggak bakalan kecewa, malah pasti akan ketagihan untuk main kemari lagi. Yukkk berlibur ke Air Terjun Telunjuk Raung 😃



baca juga

Anugerah Terindah Yang Akan Selalu Ku Jaga
Permainan Montesorri Anak 1-2 Tahun
Langsing Setelah Melahirkan Tanpa Menyiksa

8 komentar:

  1. air terjunnya tinggi banget pastinya suaar jatuhnya menderu ya, adem udaranya

    BalasHapus
  2. Saya suka wisata yang gratis2. Indah yaaaa. Moga pengunjungnya jg lbh bijak ikutan melihara, gak buang sampah sembarangan, vandalisme, dll
    TFS infonya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga suka banget mbakk.. aamiin.. iya betul sedih banget kalau nanti sudah terkenal malah jadi menyedihkan.. semoga tidak ya...
      masama mbak :)

      Hapus
  3. Saya belum pernah ke Banyuwangi. Thanks buat referensi wisatanya, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo ke banyuwangi,.. dijamin pasti betah :D

      Hapus
  4. Cakeeeeep...moga suatu saat bisa ajak anak-anak juga ke sini

    BalasHapus
  5. Penasaran sama rumah pohonnya... itu goyang2nya karena digoyang2 oleh orang yg pada antri di bawah ya?

    BalasHapus