Social Icons

Pages

Kamis, 28 Februari 2019

Mau Mengirim Barang ke Luar Pulau? Pakai Pelayanan Pengiriman Kargo

Hampir semua orang pasti pernah melakukan pengiriman barang ke luar kota atau pulau yang dikirimkan untuk sanak keluarga, teman, mau pun orang lain yang membeli produk dari sebuah toko online. Kegiatan pengiriman barang itu biasanya dilakukan melalui berbagai macam transportasi, seperti udara, darat, dan laut. Tapi pemakaiannya tergantung dari tempat tujuan barang itu akan dikirimkan.


Saat ini sudah banyak jasa pengiriman barang untuk membantu masyarakat yang ingin mengirimkan sesuatu ke orang lain di tempat yang susah mereka jangkau. Mulai dari harga yang murah sampai yang mahal itu juga tergantung dari pilihan penggunanya mau pakai jasa pengiriman yang mana. Dari jasa pelayanan itu, kamu pasti sudah tidak asing dengan sebutan pengiriman kargo.

Sebenarnya pengiriman tersebut mirip dengan pengiriman ekspedisi yang biasanya dilakukan. Tapi yang membedakannya adalah bagaimana cara barang-barangnya itu dikirim. Pengirimannya tidak jauh berbeda dengan pengiriman ekspedisi pada umumnya, yaitu memakai jasa transportasi via udara dengan menggunakan pesawat, via darat yang memakai truk kontainer, dan via laut yang memakai kapal.

Selain itu, faktor lain yang membedakannya adalah jenis barang yang dikirimkan. Kalau jasa pengiriman ekspedisi pada umumnya mengirimkan barang-barang milik pribadi, pada pengiriman kargo barang-barang itu harus yang masuk ke dalam kategori kargo. Barang-barang itu biasanya merupakan produk-produk yang dijualbelikan atau diperdagangkan, entah itu dilakukan secara dalam kota atau lokal mau pun antar negara yang disebut sebagai lintas internasional.

Pengiriman barang yang dilakukan kargo dikenal dengan sebutan kegiatan ekspor impor. Barang-barang komersial itu kebanyakan dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang mengirimkannya dalam jumlah yang banyak pada perusahaan yang sudah bekerja sama dengan mereka. Selain barang komersial, masih ada jenis non komersial yang masuk ke dalam kategori kargo. Tapi harus mempunyai kelengkapan dokumen pengangkutan.

Untuk melancarkan proses pelayanan pengiriman kargo, ada beberapa pihak yang diberi tanggung jawab untuk mengerjakan segala proses pengiriman barang, yakni pihak pengirim atau biasa disebut sebagai shipper atau pihak penerima atau biasa disebut consignee. Lalu juga ada pihak yang mengangkut barang, pihak yang mengurus semua barang-barang yang sampai di pelabuhan, bandara, atau tempat penitipan barang khusus atau biasa disebut sebagai grand handling.

Masih ada juga pihak yang mengurus barang-barang yang diterima di tempat penyimpanan barang atau biasa disebut sebagai warehouse operator. Untuk pihak pengirim, biasanya tidak hanya dilakukan sendiri, karena tidak jarang juga yang melakukannya secara berkelompok, seperti perusahaan atau bentuk usaha lainnya. Semua pengirimannya tidak dilakukan melalui perantara tapi bisa juga menggunakan jasa ekspedisi lain yang disebut sebagai freight forwarder.

Untuk proses pengiriman kargo sendiri pada umumnya ada beberapa tahap, yaitu:

1. Acceptance atau yang dikenal sebagai penerimaan barang.

2. Proses penimbangan barang sebelum dikirim.

3. Pembuatan dokumen pengangkutan agar barang bisa dikirim menggunakan kargo.

4. Proses penarikan yang berasal dari tempat penyimpanan barang ke pesawat atau bahkan bisa saja sebaliknya.

5. Dimasukkannya barang-barang kiriman ke dalam pesawat atau pengambilan barang yang sudah sampai di tujuan.

6. Menyimpankan barang yang nantinya akan dikirim.

7. Delivery atau proses pengiriman barang ke tempat tujuannya.

Dengan mengenal lebih jauh tentang pengiriman kargo, kamu yang ada rencana membuka bisnis ini bisa semakin mengerti. Tapi, buat kamu yang sedang mencari jasa kargo dengan pengalaman terbaik, kamu bisa memakai SERA Astra. Mereka memberikan layanan pengiriman dengan kualitas terbaik. Kamu bisa melihat layanannya di sera.astra.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar