Pengalaman Melahirkan Operasi Caesar dengan BPJS Kesehatan

Assalamualaikum.. bagaimana kabar teman-teman, semoga kita semua diberkahi sehat dan dilimpahi kebahagiaan selalu ya. Postingan kali ini aku. mau membahas tentang Pengalaman Melahirkan Operasi Caesar dengan BPJS Kesehatan. 

Bagaimana rasanya melahirkan menggunakan BPJS? 

Bisa nggak operasi caesar dengan BPJS? 

Apa betul pasien BPJS dibedakan dengan pasien umum? 

Ini beberapa pertanyaan yang sering aku dengar saat ada teman-teman yang tau aku habis melahirkan tahun lalu. Baik aku jawab satu-satu ya teman-teman. 

Pengalaman Melahirkan Operasi Caesar dengan BPJS Kesehatan 

Pertama Alhamdulillah aku lahiran lancar, meskipun terminasi lewat operasi caesar. Aku menggunakan BPJS untuk pembayarannya, hanya dibutuhkan 70 ribu untuk penambahan biaya, itupun seperti pembalut nifas, bedong dan popok bayi. Jadi jika semua sudah bawa sih tidak ada tambahan lagi. 

Menurut pengalamanku tidak ada perbedaan antara pasien umum dan pasien BPJS, aku sendiri menggunakan BPJS Mandiri. Mungkin hanya di prosedur yang diharuskan mengisi beberapa form, nggak butuh banyak fotokopi seperti jaman dulu kok. Alhamdulillah udah lebih ringkas juga. Dokter dan perawat juga ramah semua. 

Memang untuk melahirkan secara caesar dengan BPJS Mandiri ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan ini bervariasi, tergantung pada kebijakan dan regulasi yang berlaku di setiap wilayah atau fasilitas kesehatan tertentu. 

Syarat melahirkan operasi caesar yang ditanggung BPJS :

1. Rujukan Medis

Biasanya, Anda memerlukan rujukan dari dokter spesialis atau dokter umum yang merujuk Anda untuk menjalani operasi caesar. Nah aku sendiri mendapat rujukan sejak kehamilan 6 bulan, jadi sejak itu aku periksanya di rumah sakit dengan menggunakan surat rujukan dari puskesmas, termasuk buku pink juga. Karena ini juga diminta saat pendaftaran. 

2. Dokumen Pendukung

Dokumen seperti Kartu BPJS Mandiri yang masih berlaku dan dokumen identitas diri biasanya diperlukan saat proses pendaftaran dan verifikasi. Jadi jangan sampai hilang atau keselip ya teman-teman. 

3. Kondisi Medis yang Memerlukan

 Persetujuan untuk operasi caesar akan didasarkan pada kondisi medis ibu hamil dan rekomendasi medis dari dokter yang merawat. Aku sendiri sampai diperiksa 3 dokter untuk akhirnya diputuskan terminasi, karena ternyata saat perawatan intensif saat hamil tidak memungkinkan untuk menunggu masa kehamilan. 

4. Prosedur Administratif

Mengikuti prosedur administratif yang ditetapkan oleh BPJS Mandiri dan fasilitas kesehatan terkait, termasuk pengisian formulir dan proses verifikasi lainnya.

Ada banyak isian form yang harus diisi sebelum dilakukan operasi caesar, isi saja dan kalau bingung bisa ditanyakan ke perawat. 

Pastikan untuk menghubungi BPJS Mandiri atau fasilitas kesehatan terkait secara langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik dan akurat mengenai syarat dan prosedur yang diperlukan.

Aku sendiri memilih rumah sakit rujukan ini sempat 2x ganti. Tapi untuk penentuan melahirkan, setelah kehamilan menginjak usia 7 bulan rujukan tidak tidak boleh ganti rumah sakit ya. 

Semoga teman-teman yang sedang hamil, diberkahi kesehatan ya, dimudahkan menjalankan kehamilan dan saat melahirkan nanti. 


Komentar

back to top