Social Icons

Pages

Selasa, 11 September 2018

Sekolah PAUD Perlukah?

Anak adalah titipan Tuhan yang paling berharga, dia adalah calon masa depan kita. Bersama mereka kita membangun kehidupan dan berharap mereka mendapatkan yang lebih baik dari kita. Hanya saja dewasa ini kadang kita salah kaprah untuk hal ini. Tidak sedikit bahkan yang berusaha mewujudkan keinginan kita karena hal itu tidak kita dapatkan saat kecil dan ingin diterapkan kepada anak padahal hal ini tidak diinginkan oleh anak.

Mohon maaf ya... mungkin saya sendiri kadang tidak sadar dengan hal ini, yang paling terlihat mungkin saat usia anak sekolah. Seperti saat PAUD ini, saya lihat banyak berbondong-bondong dengan usia dini memasukkan anak sekolah bahkan usia 2 tahun, jujur aku pun sempat ingin melakukan hal ini, agar anak bisa lebih mudah dalam pengajaran, seperti yang di ceritakan orang-orang tentang anaknya saat memasukkan anaknya di usia dini itu.

Namun, yang terjadi sebaliknya. Naufal tidak mau masuk sekolah, bahkan bisa dibilang masih sangat susah lepas dari aku, ya mungkin ini bingungnya saat memasukkan anak ke Sekolah PAUD. Saya awalnya sangat senang sekali anak saya akhirnya bisa masuk usia sekolah yaitu 2tahun, tapi teryata yang terjadi sebaliknya, dia sama sekali nggak mau, katanya "Ndak ma... Nyonyo maunya mainan sama mama" di lewatin depannya sekolah aja sudah nggak mau.. Kita pasrah saja sudah, anaknya masih belum mau, jadi yasudah tahun ini belum sekolah dulu.

Jujur aku disini juga bingung sebaiknya usia berapa anak mulai sekolah, karena aku dulu TK 4 tahun jadi aku pikir naufal mulai sekolah PAUD bakalan usia 2,5 tahun. Aku pun sendiri kurang tau kriteria apa saja yang semestinya membuat anak boleh di sekolahkan, karena kebetulan teman-temannya yang lahir di tahun yang sama dengan dia juga sudah mulai sekolah. Tapi aku juga sempat membaca jika anak tidak perlu dipaksa untuk Sekolah dibawah SD, jadi PAUD atau TK itu hukumnya masih sunah, namun ada juga yang bilang PAUD itu wajib. Buat kali ini boleh nggak bunda-bunda share di komentar... menurut bunda PAUD itu perlu nggak sih? terus sebaiknya anak mulai sekolah itu di usia berapa sih? Terima kasih :)

28 komentar:

  1. Kalau saya sih nggak ya. Karena 3 anak saya langsung masuk TK semua juga bisa.

    Pernah baca kata psikolog bahwa usia di bawah 4 tahun memang anak sebenarnya blm bersosialisasi, kelihatannya saja main bareng tapi pada dasarnya masih main sendiri2. Lbh efektif sama emaknya saja. Sambil sesekali dibawa ke luar rumah utk kenalkan lingkungan di luar rumah.

    BalasHapus
  2. Tergantung anaknya sth teh...kalau udah mau skjl mah ga masalah, klo ga mau jangan. Ankku yg ketiga dulu msk playgrup 2 thn 7 bln. Sekarang bagus2 aja di skul jd anaknpopjler yg disukai temen2nya..sekolahmya jg semangat dan berprestasi...Jd kadang kita mah liat kondisi ga kepatok sama aturan menurut psikolog :D

    BalasHapus
  3. Ini nih mba jadi perbincangan, ada yg bilang anak harus masuk paud ada yg bilang gk perlu. Aku juga jdinya di rumah debat sama ibu karna ibu mau masukin si bungsu ke paud. Tp menurut aku sih gk perlu nanti kasian anaknya cepet bosan sekolah kan kyknya lebih efektif di ajarkan di rumah klo anak masih di bawah 5thn

    BalasHapus
  4. wah menarik mbak bahasannya.. kalo saya jadi timbul pertanyaan juga, katanya kalo anak disekolahkan terlalu dini nantinya akan cepat merasa bosan, bener nggak ya?

    BalasHapus
  5. tergantung sih teh, aku belum punya anak dan belum menikah. kalau aku nanti liat sikon anak nya aja. kalau dia suka yaudah hihihi

    BalasHapus
  6. Kalau menurut saya sih kembalikan lagi ke anaknya, jangan sampai kita membuat anak merasa terpaksa atau tidak nyaman hehe. Pendidikan dan bersosialisasi kan bisa didapatkan dimana saja, terutama dengan kita sebagai orang tua

    BalasHapus
  7. Tergantung anak nya mba.. kalau anak nya happy gak masalah kok..

    BalasHapus
  8. Anakku berusia 3 th 8 bulan, tapi udah maksa ingin masuk PAUD mungkin karena asyik ingin bermain dengan temannya. Mungkin ga apa-apa ya?

    BalasHapus
  9. Kalo menurut aku sih, kalo memang anaknya mau ya gapapa yaaa.. Yang penting si anak happy ajaaa.. Kalo anak udah keliatan ga mau, bosen dan jenuh baiknya ya jangan dipaksa yaaaa

    BalasHapus
  10. Dulu neng Marwah masuk paud dulu sebelum TK tapi cuman sebentar dan ga rutin setiap hari masuknya sih ya niatnya buat pengenalan doang seputar sosialisasi sama anak

    BalasHapus
  11. Tergantung kebutuhan dan kondisi anak, Mbak. Anak pertama saya, mulai ful sekolah sejak TK. Kebalikannya, adiknya sejak PAUD (usia 2 tahun). Ada beberapa pertimbangan kenapa berbeda-beda.

    Sekarang anak-anak saya udah pada SMP. Segala artikel tentang dampak negatif PAUD, apalagi yang seram-seram, kayaknya gak pernah kami alami sampai sekarang, deh. Ya memang pernah sekali Nai merasa bosan sekolah saat TK. Menurut gurunya, itu biasa dialami sama anak yang bersekolah sejak PAUD. Untungnya sekolahnya child friendly. Paham banget sama hal begini. Jadi, Nai dibolehkan sekolah sesuka dia tanpa pakai seragam. Nai pun senang dan bosannya hanya sebentar.

    Menurut saya, mau sekolah PAUD atau enggak, bukan berarti anak dilepas begitu aja. Tetap jaga kedekatan dengan anak. Insya Allah, dampak negatif bisa dihalau atau diminimalisir

    BalasHapus
  12. masih single, jadi belum bisa komen soal perlu atau tidaknya paud nih.
    hehehe.
    tapi saya senang sih main sama anak2 yang hiperaktif secara dulu saya kecil, kata keluarga, juga hiperaktif tuh. hehehe

    BalasHapus
  13. Tergabtung anaknya sih mbak.. Anak juga mengenal dg dunia dg ajak keluar plus perlu th karakter anak tuh.. Yg nyaman utk nya..

    BalasHapus
  14. Anak saya Fahmi malah gak masuk PAUD gak juga masuk TK. Langsung SD usia 6 tahun kurang. Karena selama ini saya yang ngajarin anak ala2 homeschooling gitu. Alhamdulillah baca hitung sudah sedikit bisa. Gak kalah sama lulusan TK.
    Ini saya lakukan karena saya ingin anak lebih dulu mendapat pendidikan karakter. Sementara sekolah di tempat saya kebanyakan mendidik anak biar bisa baca nulis aja. Maaf, karakter dan budi pekerti sedikit sekali.

    BalasHapus
  15. Tergantung sih kak, anak2ku dua-duanya PAUD dari umur 3th setengah ya disana ga cuma belajar aja baca aja sih tapi belajar sosialisasi juga sama aneka crafting gt.

    BalasHapus
  16. Tergantung anaknya mba, kalau mau sekolah ya gapapa yang penting jangan dipaksakan :)

    BalasHapus
  17. Kebutuhan untuk memasukkan anak ke PAUD memang tergantung orangtua dan anak. Aku sendiri memilih tak PAUD untuk anak. Tapi tetanggaku merasa PAUD itu penting dan perlu :)

    BalasHapus
  18. Anak dibawah 3tahun sih kalau bisa masih harus deket2nya sama ibunya. Takutnya keburu bosen mba. Tapi balik lagi ke kepercayaan dan yg terbaik menurut ibunya sih, hehe.. Karena yg paling tau soal kesiapan anak sekolah kan ibunya :)

    BalasHapus
  19. Kalau anak pertama saya pernah TK 4 tahun tapi gak nyaman. Skrng 6 tahun saya yg homeschooling HSUD mbak, CUma SD ntr gak tau deh, apakah akan ttp HS atau sekolah hehe
    Soalnya mereka masih lbh nyaman ma ibunya :D

    BalasHapus
  20. Anakku ga paud. Langsung TK aja

    BalasHapus
  21. Menurut aku sangat perlu banget mba sekolah paud buat anak. Supaya mengenalkan dunia luar seperti apa dan membentuk pundasi pola pikirnya anak.

    BalasHapus
  22. Kalau aku sih langsung TK A dan lanjut SD, gak pake PAUD hehe

    BalasHapus
  23. kalau menurut ku Paud gak gitu penting sih, pengalaman liat adek ikutan paud lalu saat harusnya TK dia udah keburu bosan di paud jadi harus super ngerayu2 biar mau TK.

    BalasHapus
  24. Anakku masuk paud semua. Tapi ga dipaksakan sekolah. Masih santai dan asik saja. Jadi yah , tergantung kebutuhan kalo menurut aku sih

    BalasHapus
  25. Tergantung visi dan kebutuhan keluarga masing-masing. Anak saya ga masuk PAUD. Sekolah aja sama ibu dan ayahnya.

    BalasHapus
  26. hmm,, karena aku masih single jadi belum tau sih ya, usia yang pas buat anak mulai sekolah. Tapi kalau dari pandangannya aku sih sekolah PAUD penting ya, ngenalin anak ke dunia baru, belajar bareng temen-temen dan berkreativitas di Paud hehee

    BalasHapus
  27. Mnurut ku tergantung anaknya . Tiap anak berbeda dan spesial .

    BalasHapus
  28. Tergantung kondisi anaknya,menurut saya. Kalau di rumah ngga Ada temen main, sebaiknya disekolahkan agar bersosialisasi. Kalau masih usia 2 tahun, sekolahnya santai aja, jangan dipaksa rutin pas anak lagi bosan.

    Yang penting anak enjoy saat sekolah. Banyak kasus, anak yang sekolah di usia sangat dini menjadi jenuh sekolah di usia SD atau SMP-nya.

    BalasHapus