Social Icons

Pages

Minggu, 09 September 2018

Pentingnya Gizi Seimbang Untuk Si Kecil

Mbak... anaknya kok kurus ya? 
Apa nggak doyan makan? 
Pasti susah makan ini...

Pernah nggak denger kalimat ini di lontarkan ke anak kita? Padahal anak kita nggak kurus-kurus banget sih. Tapi memang tidak lebih berisi di banding teman-teman lainnya. Dulu aku sempat sedih, kenapa Naufal tidak terlihat gemuk, tapi setelah mendengar penjelasan dari ahli gizi di acara kelas bunda kemarin aku merasa lega bahkan Alhamdulillah senang karena ternyata selama ini yang aku terapkan sudah sesuai untuk Naufal. Buat bunda-bunda yang kemarin nggak bisa datang, gak usah khawatir, aku bakalan share disini ya buat kita sama-sama belajar.
Masa kanak-kanak adalah puncak pertumbuhan dan perkembangan tubuh, karena itu dibutuhkan asupan gizi yang cukup serta lingkungan yang baik untuk menunjang proses tersebut.

Zat gizi adalah yang paling berperan dalam pertumbuhan yang didapatkan dari makanan yang dimakan oleh anak. Nah, ternyata Tidak ada zat gizi yang bisa bekerja sendiri.. maka dari itu kita perlu untuk memaksimalkan pertumbuhan anak dan semua memiliki perannya masing-masing.

Anak membutuhkan berbagai macam zat gizi bahkan gizi yang lebih besar dari orang dewasa, agar proses pertumbuhannya bisa berjalan, ingat ya gizinya bukan porsinya.

Bunda... ternyata tumbuh kembang otak bayi terjadi sejak dalam kandungan yakni kehamilan 6 bulan sampai umur 2 tahun sangatlah cepat dan penting, maka bayi memerlukan banyak protein, karbohidrat, lemak, vitamin B1,B6 dan lain-lain. Usia anak sampai umur 1 tahun ini 60 % berasal dari energi makanan pada bayi di gunakan untuk pertumbuhan otaknya.

Kebutuhan otak akan glukosa (gula) dan oksigen dapat 10 kali lipat dari pada organ lainnya. Apabila kandungan glukosa dalam darah turun drastis maka otak akan menarik suplai glukosa untuk organ lain dan hal ini bisa menyebabkan mata berkunang-kunang dan juga susah untuk berkonsentrasi, maka dari itu sebaiknya kita membiasakan sarapan pagi di lingkungan keluarga agar dapat menjaga kemampuan konsentrasi kita dan juga anak-anak.

Nah untuk memenuhi zat gizi agar pertumbuhannya maksimal, sebaiknya perlu menerapkan tumpeng gizi..
yang terdiri dari
sayur 3 porsi sehari
buah 2 porsi sehari
 dan inilah yang dibutuhkan anak.. jadi semua ini harus masuk ke tubuh anak

Selain apa yang harus masuk tentu harus ada yang dibatasi kan ya..
untuk batas makanan GGL 145 :
- gula max 4sdm
terlalu banyak bisa obesitas
- garam 1 max sdm
terlalu banyak bisa darah tinggi
-lemak maksimal 4sendok
sama juga terlalu banyak obesitas

Untuk tambahan atau camilan bisa di dampingi dengan minum susu karena susu adalah tambahan yang memiliki banyak gizi. Seperti minuman kotak yang aku pegang ini adalah kesukaan Naufal.

SGM Aktif adalah minuman susu UHT dengan formula complinutri yang mengandung:
-Omega 3 & 6 untuk mendukung kreativitas dan daya pikir
-Zinc & Vitamin C untuk membantu menjaga daya tahan tubuh
-Calcium & Vitamin D untuk membantu meningkatkan kekuatan tulang dan gigi
-Vitamin B1,B2,B5,B6 dan B9 untuk membantu pembentukan energi

Nah kurang lebih seperti itu ya bunda... jadi ingat anak nggak harus selalu gemuk untuk menjadi lucu, anak harus sehat dan aktif agar dia lebih sehat dan juga tetap ceria. Semoga bermanfaat 😊


Tidak ada komentar:

Posting Komentar