Silaturahmi Ke Gunung Kidul Jogja

Gunung kidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan Jogja, letaknya yang cukup jauh dari pusat kota sehingga membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan menuju kesana. Tapi banyak sekali yang ingin kemari, iya betul wisata gunung kidul yang indah banyak membius wisatawan yang ingin mengunjungi wisata ke tempat ini.

Liburan kali ini adalah berkunjung ke rumah saudara kami, iya kebetulan sekali 2 sepupuku mendapatkan jodoh warga Gunung Kidul, artinya jika aku main kesini harus dibagi kalau nginep hehehe. Asli Madiun dan tanpa rencana dan kenal sebelumnya ternyata sama-sama orang asli sana. Ya begitulah Tuhan mempertemukan jodohnya. Eh tapi kali ini aku gak mau bahas soal perjodohan, tapi liburan ke sana kemarin. Penasaran gimana serunya, simak terus yuk :)

Perjalanan Surabaya Ke Gunung Kidul

Beberapa Cara Menuju Gunung kidul yakni :
1. Naik bus jurusan Yogyakarta dan berhenti di terminal Giwangan, kemudian lanjut naik jurusan Wonosari.
2. Naik Kereta Api jurusan Yogyakarta bisa Stasiun Tugu atau Stasiun Lempuyangan, kemudian lanjut ke Terminal Giwangan naik ojek atau bisa juga naik Trans Jogja, Kemudian lanjut naik bus jurusan Wonosari.
3. Naik bus atau kereta api jurusan Yogyakarta, kemudian lanjut sewa motor untuk melanjutkan perjalanan ke Gunung Kidul.
4. Naik mobil atau kendaraan pribadi dari kota asal menuju Gunung Kidul.

Cara menuju Gunung Kidul paling enak sebenarnya naik mobil, karena disana kita nggak perlu lagi sewa kendaraan, tapi berhubung kemarin yang berangkat kita cuma ber 3 aku, suami dan Naufal, akhirnya kami memutuskan untuk memilih cara yang ke 2 yakni menggunakan kereta api dan lanjut menggunakan bus. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar.

Kami disana menginap di rumah saudara jadi untuk budget di hotel bisa di skip lah ya, sarapan juga sudah disediakan hehehehe. Disini menyenangkan sekali karena hawanya segar malah kalau jam sekitaran subuh itu dingin banget, padahal dekat banget sama pantai kan biasanya hawa pantai itu panas ya, disini dingin, mungkin kalau di Jawa Timur ini mirip Batu ya kurang lebih dinginnya seperti itu.

Seru banget liburan kali ini, hari pertama aku langsung diajak ke pantai kukup, pemandangannya menuju kesini nyenengin banget. Naufal mainnya juga betah banget sampai gak mau diajak pulang. Nanti aku bikin blogpost khusus tentang pantai tadi ya biar temen-temen tau serunya.

Sepulang dari sini aku diajak buat ke acara Rasulan, kalau di Surabaya ini namanya sedekah bumi atau bersih desa. Sama seperti di Surabaya yang dikejar disini adalah acara pawai. Peserta pawai berkeliling desa menggunakan baju adat sembari membunyikan gamelan khas Yogyakarta. Nuansa tradisional terasa begitu kental disini. Sungguh pengalaman yang menyenangkan.

Kami juga sempat mampir ke alun-alun Gunung Kidul, kalau kata mas disini mendingan hari minggu pagi lebih ramai. Oia ada satu kejadian yang menurut saya lucu, jadi ada beberapa mainan disini di yang digantung dan tidak ditunggu oleh penjual, pas ditanya yang jual kemana katanya pulang, kalau mau ambil aja besok bayarnya kata yang jual sebelahnya begitu. Di luar sana banyak yang takut barangnya di curi, disini malah santai ya penjualnya hehehhe...

Disini aku sempat berkeliling menggunakan mobil sepeda tapi yang menggunakan aki, jadi lumayan agak berisik tapi nggak capek hehehhe. Kalau Naufal karena belum puas bermain di pantai, dia memilih untuk menghabiskan waktu dengan bermain pasir. Kalau di Surabaya mungkin ini mirip pasar malam Kodam. Aku nggak bisa lama-lama disini soalnya dingin banget. Ya Allah gara-gara lama ga ke naik gunung jadi 16 derajat aja udah nggak kuat di luar hehehehe.

Pulangnya kita sempet nginep di pusat kota, sebenarnya kita booking 2 hari iya yang dapat epic sale kemarin, tapi kita jadinya nginep cuma satu hari aja, di Airy rooms. Ya gimana lagi, ini aja sebenarnya Naufal nggak mau pulang tapi mau gak mau harus nginep soalnya kita pilih kereta yang pagi. Kalau naik motor dari Gunung Kidul paling nggak harus berangkat jam 3 dan dari Gunung Kidul bus baru operasi jam 6 pagi. Iya, disini untuk gocar masih agak susah memang.

Malamnya kita sempatkan buat jalan-jalan ke Malioboro. Menikmati indahnya kota, berkeliling dengan motor. Rasanya sungguh menyenangkan. Oia, kalau naik kendaraan pribadi sebenarnya ada kelebihan lain yakni berhenti di bukit bintang, pemandangannya disini bagus banget menikmati indahnya malam dari ketinggian. Tapi kalau naik bus jangan berhenti disini ya, soalnya kemarin aku magrib saja itu sudah naik bus yang terakhir ke Wonosari.

Buat teman-teman yang ingin liburan murah ke Gunung Kidul boleh nih intip budget yang harus disiapkan untuk 3 orang untuk sekali jalan:
Kereta api 77ribux3
Bus TransJogja 2500x2 Naufal Gratis.
Bus Wonosari 25000 Naufal Gratis.
Sewa motor di depan stasiun Lempuyangan 70ribu.
Jadi kalau share cost sama teman-teman liburan bawa uang 500ribu kesini udah cukup banget. Apalagi kalau di tengah kota udah mau jauh banget juga bisa kalau naik Bus TransJogja kemana aja cuma 2500.

Buat pengingat aja kalau ke Gunung Kidul itu sebenarnya mudah kok transportasi umumnya, hanya saja untuk ke lokasi wisatanya lebih enak menggunakan kendaraan pribadinya, karena tidak beroperasi sewaktu-waktu. Jadi, kapan kita liburan bareng ke Gunung Kidul lagi?