Social Icons

Pages

Sabtu, 08 September 2018

Jadi Inspirasi di Usia Belia, Wirausaha Muda Mandiri 2018

Yang muda yang berkarya... ya benar mumpung usia masih muda, jadilah bermanfaat untuk diri sendiri, bermanfaat untuk orang lain dan juga bermanfaat untuk lingkungan, karena suatu saat nanti, kita sendiri yang akan memetik manfaat itu. Jadi, hari jumat kemarin aku pergi ke malang untuk menghadiri Wirausaha Muda Mandiri 2018 di Malang, jawa Timur.


WMM Expo 2018 ini dihadiri oleh Para Finalis WMM 2018 yang sebelumnya itu di audisi dari berbagai kota dan universitas di Indonesia. Setetelah itu yang terpilih inilah yang  tampil dan ternyata usia mereka masih sangat produktif dan yang di pajang disana itu hasil karya mereka, bahkan tidak sedikit yang usahanya itu out of the box, keren-keren lah pokoknya.

Sungguh yang terlintas di benakku para finalis pengusaha muda ini memang memiliki tujuan yang sangat mulia. Mereka bisa membuat suatu gebrakan usaha yang bahkan mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain. Penasaran seperti apa aja usaha yang mereka bikin kok bisa sampai ke tahap menjadi finalis ini? simak yuk...

Puka, Pulas Katumbiri
Tas dan juga akesoris cantik yang ternyata diproduksi handmade oleh adik-adik di SLB. Tujuannya agar mereka suatu hari nanti bisa tetap mandiri meskipun dalam keterbatasan. Selain bentuknya yang lucu-lucu harganya murah-murah juga lho...

Cilota
Berbagai macam boneka dan sovenir yang berasal dari daun lontar. Sungguh awalnya aku tak menyangka daun Lontar yang hanya beberapa lembar bisa mnjadi boneka sedemikian lucu ini.

Zendmoney
Transfer antar negara sepertinya sudah menjadi kebutuhan, nah pengusaha muda yang satu ini berusaha menjawabnya dengan membuat suatu platform untuk membantu TKI yang berada di Hongkong, Taiwan maupun Singapura ke Indonesia sehingga bisa melakukan transaksi dengan mudah.

Serre Baheula
Beras kuno dari Banten yang ditanam selama 6 bulan dan harus dengan perlakuan organik yakni di sawah tadah hujan, sehingga bisa menghasilkan beras premium. Tujuan utama diusungnya usaha ini yakni agar beras khas Banten ini tidak punah karena banyaknya beras impor.

SyarQ
Banyaknya usaha yang mulai berkembang dengan sistem cicilan kini seolah menjadi gaya hidup, namun sedihnya secara sadar atau tidak, berkembang juga proses transaksi lintah darat. Nah dengan adanya SyarQ diharapkan bisa membantu masyarakat agar bisa membantu masyarakat lainnya yang membutuhkan dengan siatem cicilan tersebut, nah tentunya tanpa bunga dan tanpa denda.

Golden Berry
alias Ciplukan.. nah tau nggak ternyata buah ini bermanfaat sekali lho.. sayangnya sekarang kita sudah mulai jarang banget ya melihat buah ini. Nah pengusaha yang satu ini mengusung buah ciplukan ini untuk diolah karena memang banyak sekali peminatnya, bahkan sampai di luar negri. Produk ini diolah menjadi jus, kismis dan juga buah asli.

Infishta
Platform untuk membudidayakan ikan secara online dengan sistem crowdfunding. Banyaknya petani ikan yang sering kekurangan dana namun berkompeten untuk melakukan usaha ini menjadi latar belakangnya. Banyak usaha yang bisa dilakukan mulai dari budi daya rumput laut, nener bandeng dan udang vanamei. Harapannya bisa mensejahterakan petani ikan.

Kava Mata
Pengusaha ini memang out of the box, jadi menyulap kayu menjadi frame untuk kacamata. Istimewanya lagi di gagangnya di ukir dengan ukiran khas berbagai macam daerah di Indonesia. keren banget kok pokoknya. Nah dari pada beli merk luar yang sampai puluhan juta, mendingan ini deh keren dong, Indonesia punya gitu.

Baciko
Baso Aci Kuah Komplit ini juga jadi salah satu finalis WMM. Siapa coba yang ga suka baso? hampir semua orang pada suka kan... nah sekarang bisa ini bikin baso sendiri di rumah, tinggal rebus air terus masukin baciko, mateng terus udah tinggal makan, asik lagi nah kita bisa plesir ke luar negeri kalau kangen Indonesia tinggal rebus ini, mantap.

Saesha
Masker Wajah serbuk alami dari buah dan juga sayur. Indonesia ini kaya sekali dengan alamnya, nah daripada kita memakai masker produk luar yang harganya mahal-mahal, ini ada produk lokal yang cakep juga lho. Aku kemarin agak kaget awalnya masker sayur itu gimana soalnya belum pernah tau, ternyata dari lidah buaya, kentang dan timun. Baru tau juga aku ternyata kentang punya manfaat yang bagus juga buat kulit.



Maaf ya aku cuma bisa nyebutin 10 aja ini, sebenernya semuanya itu karyanya keren-keren. Aku yakin juri Wirausaha Muda Mandiri 2018 ini juga bakalan bingung deh buat nyari pemenangnya besok tanggal 15. Lha wong keren-keren banget ginu idenya.

Acara WMM Expo 2018 ini digelar 6-9 September 2018, alias cuma sampai besok saja, karena lusa sudah mulai karantina penjurian. Nah buat teman-teman yang ingin tau keseruannya yuk ah langsung saja ke atrium MOG malang. Rasanya pasti pengen jadi pengusaha juga deh nanti. Semoga segala usahanya bisa menjadi berkah ya teman-teman... aku bangga dengan kalian.

2 komentar:

  1. Wah wah saluutt deehh dengan generasi muda yang keren-keren beginiiii...

    BalasHapus
  2. Menyenangkan sekali bisa bergaul dgn anak2 muda visioner nan hebaaattt

    BalasHapus