Social Icons

Pages

Jumat, 21 September 2018

Ternyata Wakaf Bukan Hanya Tanah

Urip iku urup. Ini adalah istilah jawa dari Filosofi Sunan Kali Jaga yang memegang teguh agama islam, yang artinya hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain, hidupmu bisa menerangi kehidupan dan itulah kehidupan sesungguhnya.


Dalam islam sendiri kita diajarkan untuk hidup berbagi dengan orang lain, bahkan di dalam setiap pendapatan yang kita terima itu ada bagian hak orang lain yang harus kita keluarkan setiap tahunnya. Nah, kali ini aku mau bahas soal wakafnya. Apa yang terlintas dalam pikiran teman-teman jika kita mendengar kata wakaf? Tanah? Tau nggak teman-teman, ternyata wakaf itu bukan hanya tanah lho... Yuk pahami pelan-pelan.
Wakaf  adalah menyerahkan sebagian harta benda milik kita untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum. Jadi banyak sekali hal yang bisa menjadi wakaf, seperti kita membantu membuat jalan, rumah sakit, sekolah dan itu memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan dalam pengelolaannya ini berbeda dengan sedekah, jika sedekah bisa memberi langsung dengan yang bersangkutan, namun tidak dengan wakaf. Dalam pengelolaan wakaf ada nazhir sebagai pengelola harta wakaf. 

Nah, disini aku baru ada info ternyata kita juga bisa ber-wakaf dengan cara membeli polis di Sunlife Syariah. Sun Life Syariah merupakan asuransi syariah modern dengan dedikasi distribusi bisnis syariah pertama di Indonesia yang menawarkan model bisnis dengan kaidah syariah yang menguntungkan melalui beragam produk syariah yang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat Indonesia dan didukung oleh konsultan finansial syariah yang terlatih secara profesional dan berwawasan luas.


Unit bisnis syariah di Sun Life ini dibentuk pada Desember 2010. Sedangkan jalur distribusi agency khusus syariahnya, beroperasi pertama kali pada Juli 2014. Sun Life merupakan perusahaan asuransi jiwa pertama di Indonesia yang memisahkan distribusi unit bisnis konvensional dan syariah. Per 30 Juni 2018. Kini Sunlife  memiliki lebih dari 2.100 tenaga pemasar untuk agency syariah dengan 49 kantor pemasaran mandiri syariah yang tersebar di seluruh Indonesia. Mengusung positioning Modern Syariah Insurance Expert &  Waqf Advisor.

Manfaat dan Hikmah Berwakaf itu banyak sekali bahkan diri kita sendiri akan mendapatkan banyak sekali manfaatnya mulai menjadi pribadi yang lebih bermanfaat hingga pahala yang tak putus-putus. 

Fatwa DSN MUI tentang Wakaf Uang, (11/5/2002); wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, lembaga atau badan hukum dalam bentuk uang tunai

Jadi melalui pembelian polis ini berarti kita berwakaf secara bertahap. Untuk kelebihan dari polis yang jenis ini adalah adanya Bonus Kontribusi: Sebesar 5% dari Kontribusi Asuransi Berkala (KAB) tahun pertama, dibayarkan mulai tahun ke-6. • Bonus Loyalitas: Sebesar 0,5% dari rata-rata dana investasi, dibayarkan mulai tahun ke-11. Jadi kurang lebih seperti itu penjelasan mengenai wakaf dengan polis, untuk lebih jelasnya teman-teman bisa buka langsung instagram atau twitter @sunlife_id 



Terima kasih Sunlife sudah mau berbagi informasi bersama kami blogger Surabaya, semoga ilmu ini menjadi berkah ya... 

16 komentar:

  1. Wakaf membuat kita aman di dunia dan akhirat, wakaf amalan yang bisa sampai akhirat.

    BalasHapus
  2. iya, selama ini juga syaa taunya kalau wakaf berupa tanah. Ternyata bisa juga dengan cara lain

    BalasHapus
  3. Wah ternyata sunlife membuat kita nyaman ya...tidak hanya memikirkan dunia saja...akhirat pun di fikirkan

    BalasHapus
  4. Oalah, aku baru tahu loh tentang hal ini. Ternyata sunlife produk-produknya keren juga yah

    BalasHapus
  5. melalui pembelian polis berarti kita berwakaf secara bertahap...wah, salut dengan Sunlife Syariah :)

    BalasHapus
  6. Sekarang alhamdulillah ada asuransi syariah seperti sunlife gini ya mbak. Jadi bisa sekalian wakaf juga untuk tabunganya akhirat

    BalasHapus
  7. Kalau asuransi nya asuransi berbasis syariah, pengen banget mbak. Saya baru tau jika Sun Life bisa berwakaf dgn membeli polis. Makin dimudahkan ya mbak di era digital ini

    BalasHapus
  8. asyik bgt ada inovasi asuransi plus wakaf kayak gini

    BalasHapus
  9. Wah keren ya program-program yang dimiliki Sun Life Indonesia jadi bikin kita juga gak takut untuk berasuransi. Bener juga ya selama ini saya taunya hanya tanah saja yang berupa wakaf.

    BalasHapus
  10. Waaah wakaf jaman now nih. Boleh lah ditelaah lebih lanjut, barangkali memungkinkan 😅

    BalasHapus
  11. Iya mbak, aku jg baru taunya skrng2 ini kalau wakaf tu gk perlu melulu tanah ya. Bisa jg uang, semampu kita, bahkan mencicil jg bisa.
    Aku suka Sun Life ini ada dewan syariahnya jg kalau gak salah dan kerjasamanay dgn badan2 penyaluran wakaf jelas.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah semakin memudahkan ya mba, semoga betul2 amanah dan barokah.. Aamiin

    BalasHapus
  13. baru tau wakaf gak hanya berupa tanah, ya karena dr dulu taunya cuma gitu :D

    BalasHapus
  14. Bisa wakaf uang juga ya lewat sun life syariah ini.

    BalasHapus
  15. wah saya baru tahu klu berwakaf itu bisa juga melalui pembelian polis
    selama ini saya pikir mmg uang tunai saja dan tanah
    nambah ilmu ini
    terimakasih ya mba

    BalasHapus
  16. Makasih banyak ilmu barunya mbak :) Jadi lebih banyak tau tentang wakaf

    BalasHapus