Social Icons

Pages

Minggu, 11 November 2018

Cocofest Award 2018, Semangat Millenial Untuk Indonesia Lebih Baik

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Bertepatan di 10 November kemarin, hari pahlawan di kota pahlawan tepatnya dengan dresscode bertema pahlawan, Cocofest Award 2018 ini digelar dengan tema Spirit of Millenials tribute to heroes. Ini adalah acara akbar dari Coco Festival Indonesia 2018 yang sebelumnya sudah diadakan, teman-teman yang sudah follow instagram atau twitterku pasti tau kan ya soal hal ini. Buat temen-temen yang belum tau apa itu Cocofest, aku jelasin dikit boleh ya biar ada gambaran.


COCOFEST adalah suatu ajang festival kreatif yang didukung oleh BUMN, tujuan dari kegiatan ini yakni saling menghubungkan dan menginspirasi anak muda Indonesia agar lebih kreatif dalam berkreasi. Nah, kemarin itu acara puncaknya seperti yang aku bilang tadi. Disini acaranya berlangsung dari sore sampai malam. Acara  10 November 2018 kemarin ada Showcase & Workshop, Keynote Speech & Idea Talks, dan Meet & Greet dengan beberapa content creator terkemuka. Penasaran gimana serunya, yuk langsung aku ceritain.

Cocofest Award ini diadakan di Surabaya tepatnya di pelataran Plaza Surabaya yang masuknya ini dari Monumen Kapal Selam, bahkan jalur masuknya ini tepat di sebelah pintu masuk kapal selam yang bersejarah itu. Rasa nasioanalisme disini begitu kental terasa, karena selain menggunakan baju pahlawan, pembukaan acaranya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Oia, disini juga di pajang hasil-hasil karya finalis Cocofest yang sebelumnya udah dipilih, dan emang hasilnya itu bagus-bagus banget, nasionalismenya itu keluar-keluar semua, pantesan aku nggak masuk nominasi hehehe... 

Boleh flashback dikit ya, jadi inget kan ya yang acara WMM yang diadakan oleh Bank Mandiri, kemarin itu pemenangnya adalah salah anak muda berusia 18 tahun yang berhasil membuat karya yang istimewa banget yang judulnya itu "kecilin" kalau boleh jujur, awal dari aku cerita-cerita sama dia itu aku nggak paham. Ternyata yang dikecilin itu file dengan tidak merubah kualitas dari file asli, jadi misal ini ya filenya 50 giga bisa jadi 50kb saja. Ternyata di dunia ini masih ada 3 saja dan salah satunya Indonesia ini yang punya, keren banget ya. 

Tau nggak latar belakang dia membuat ini apa, dia ingin semua anak Indonesia itu memiliki pendidikan yang lebih maju, jadi kita bisa bertransfer file dengan temen-temen yang mengajar di pedalaman dengan lebih mudah karena bisa banyak banget materi dan dimasukkan ke dalam flashdisk yang pastinya memuat materi yang jumlahnya jauh lebih banyak dibanding sebelumnya. Ini yang diharapkan BUMN agar kita para muda Indonesia untuk terus membuat sesuatu yang lebih untuk kemajuan Indonesia, karena bagaimanapun Indonesia kedepannya adalah kita yang menentukan. Yuk lanjut bahas acara Cocofest Award 2018. 


Acara pembukaan itu ada sharing-sharing bareng konten creator kak inijie, pasti pada kenal kan ya apalagi buat yang suka makan, hehehhe... Iya dengan membuat tema kuliner Indonesia dalam hasil karyanya dia bisa membuat sesuatu yang positif buat orang lain dan buat dia sendiri katanya, kok bisa begitu ya, katanya karena semua itu dimulai dari hati, dimana kita memiliki minat atau passion disitu kita harus gali terus. Tetap fokus untuk membuat konten yang positif, untuk menjadi viral itu bonus, tapi tetap harus viral yang positif, karena kenapa, jaman sekarang itu banyak banget yang viral tapi malah cenderung ke hal yang negatif, betul nggak. Nah inilah tugas kita sekarang sebagai para millenial yang harus terus tetap membuat konten-konten yang positif, karena majunya bangsa Indonesia ini ada di tangan kita, baik buruknya ini semua kita yang merasakan juga. 


Setelah acara sharing session dari kak inijie, kita dapat hiburan, yapp acara puncak ini memang berasa sekali millenialnya, jadi acara ini dikemas apik sedemikian rupa seperti acara konser tapi edukasinya tetap dapet, keren banget lah pokoknya. Kita manggut-manggut dengan tangan diatas, udah berasa jadi anak SMA lagi, eupss aku malah pakai seragam pramuka SMP ini hehehhe... 

Bu Rini datang, lalu kita diajak mengheningkan cipta mengingat jasa para pahlawan dan juga beberapa kejadian belakangan yang dimana indonesia akhir-akhir ini banyak sekali terjadi bencana alam. Semoga para pahlawan dan mereka yang meningal saat bencana bisa ditempat terbaik di sisi Nya, dan untuk para korban yang masih terus berjuang semoga diberi kesehatan dan semoga keadaan segera membaik lagi.


Acara puncaknya disini pengumuman pemenang kompetisi Cocofest 2018 yang penyerahan hadiahnya itu langsung diberi sama Bu Rini selaku menteri BUMN, sebelum di umumkan, di tampilkan hasil karya para finalisnya, jadi biar tau kalau disini memang anak muda Indonesia itu kreatif-kreatif banget, karena karya mereka bukan hanya foto, ada yang video produk BUMN, ada yang berupa dongeng dan juga cerita sehari-hari, pokoknya intinya, kita diajak untuk bangga menjadi Indonesia. Bangga memiliki BUMN yang selalu berkarya dan selalu ada untuk kita masyarakat Indonesia.

Daftar pemenang Cocofest 2018


Selamat ya untuk para pemenang, semoga hadiahnya menjadi berkah untuk semua. Oia, kemarin Bu Rini juga menyempatkan diri untuk memberi beberapa pesan untuk kita para millenial agar tetap terus membuat konten yang postif, bunuh dan buang jauh-jauh hoax yang menyesatkan masyarakat. Disini juga ada tanya jawab yang pastinya dimanfaatkan langsung oleh temen-temen yang ingin pertanyaannya yang dijawab langsung oleh Bu Rini, tentunya pertanyaannya seputar BUMN. 

Oia, kemarin ada teaterikal STOP HOAX juga, yang bikin kita cukup terkejut, soalnya itu kan di tengah-tengah acara gitu, dan awalnya kami kira ada apa, jadi disini hoax itu berwujud zombie yang ingin memakan otak kita para generasi millenial yang otomatis akan merusak otak kita, nah disini ada banyak pemuda yang tangguh nan keren berhasil menumpas zombie-zombie yang akan memakan otak kita, jadi kita harus tetap berjuang untuk menumpas segala penyebaran hoax, bumi hanguskan segera dari tanah air kita Indonesia agar negara kita menjadi tentram, aman dan damai tanpa hoax. 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi sinergi muda untuk Indonesia.


Deklarasi Sinergi Muda Untuk Indonesia

Kami Generasi Muda Indonesia
Bertekad untuk bangkit dan bekerjasama untuk berdaya.

Mengisi kemerdekaan Indonesia, menetang hoax dan
Bersinergi untuk membangun Negeri.

Tekad kami, menjaga persatuan bangsa dari usaha
untuk memecah belah bangsa.

Bergandengan tangan bersama menghargai perbedaan
dan mencintai keberagaman agar selalu tercipta persatuan
untuk Bersama-sama membangun Indonesia

Acara hiburan terakhir yakni diisi oleh Rini wulandari. Berbalut pakaian ala tentara, dia membuat acara semakin terasa meriah. Seneng banget bisa hadir di acara yang super keren ini.

Kalau bahas keseruan di acara Cocofest Award ini kayaknya gak bakala habis-habis deh, soalnya memang acaranya itu seru banget dan nasionalismenya ini lho bikin merinding, bahkan sampe aku nulis postingan ini juga masih aja merinding saking terbawa suasananya.

Nah, kabarnya nanti bakalan ada acara buat kita para millenial yang pastinya bakalan nggak kalah menarik dari Cocofest yang sudah menarik banget ini. Okay sampai disini dulu ya teman-teman... nanti kalau udah ada kabar selanjutnya bakalan aku share lagi kok. Sampai jumpa dan tetap semangat untuk menjadi generasi yang lebih baik dan lebih maju untuk Indonesia.

11 komentar:

  1. Mantap betul acaranya mbak.
    Harusnya event2 dgn tema nasionalisme seperti ini digalakkan terus. Saya prihatin banyaknya anak muda yg kayaknya cuek2 aja dgn perkembangan negeri.
    isu2 radikalisme dan SARA semestinya dapat diredam, dan kaum muda bisa jadi penggerak yang hebat.

    BalasHapus
  2. Waahh milenials bgt nih acaranya
    KEREN POL!!

    BalasHapus
  3. Setuju, kaum milineal harus melek informasi, agar tak terjebak dgn hoax

    BalasHapus
  4. Wah acaranya keren bgt y mb. Bener2 bisa menggali potensi anak muda zaman now πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  5. keren yaaa ...
    kostume nya kita PERURI totalitas sendiriπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  6. Seru sekali acaranya, bangga deh bisa jadi bagian dari Cocofest Award 2018 ini.

    BalasHapus
  7. semoga selepas acara ini bisa ada follow up lagi... josss

    BalasHapus
  8. Acaranya keren. Eh, melihat foto gerbang Monumen Kapal Selam, jadi kangen pengen ke sana lagi. πŸ˜†

    BalasHapus
  9. Acaranya di Surabaya, tapi semangat sampai kemana-mana. Moga millenial makin membanggakan ke depannya ya Kak ya, makasii buat sharing-nya :)

    BalasHapus
  10. Coco fest nya seru yaa... Yang datang keren-keren semua. Bajunya kece! Programnya kece.

    BalasHapus