Social Icons

Pages

Jumat, 09 November 2018

Menu MPASI Yang Cocok Untuk Bayi Yang Usianya di Atas 6 Bulan

Seperti yang kita ketahui, bahwa ASI merupakan salah satu asupan nutrisi yang sanat baik bagi bayi berusia 0 – 2 tahun. Pada usianya sudah mencapai 6 bulan, tentunya sikecil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih sehingga MPASI (makanan pendamping ASI) menjadi solusi terbaiknya. Pemberian MPASI tersebut juga harus tepat, serta teksturnya yang halus agar mudah di cerna oleh si kecil. Nah, berbicara soal MPASI, berikut dibawah ini ada beberapa menu MPASI yang cocok untuk bayi yang usianya diatas 5 bulan :


1. Bubur Susu

Menu MPASI pertama yang bagus untuk bayi berusia 6 bulan ke atas, yakni berupa bubur susu. Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa susu merupakan salah satu kuliner yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang tentunya sangat dibutuhkan oleh si kecil. Menu yang satu ini terdiri dari tepung beras merah dan tambahan susu.

2. Bubur Kacang Panjang

Menu MPASI yang kedua ini memang belum banyak di coba. Ya, hal itu dikarenakan rasanya yang memang kurang cocok dengan lidah si kecil. Padahal, bubur kacang panjang ini kaya akan kandungan serat dan vitamin B lho. Tentu saja kandungan tersebut sangat bagus untuk si kecil yang berusia 6 bulan keatas. Nah, agar rasanya jauh lebih menarik lagi, bunda bisa menambahkannya dengan susu atau sedikit gula.

3. Bubur Wortel

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan jenis sayuran yang satu ini. Wortel itu sendiri memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menajamkan penglihatan dan memelihara kesehatan mata. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, vitamin A tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan otak pada anak lho.  Berikut mengenai cara membuat bubur wortelnya => siapkan beberapa buah wortel, kupas kulitnya, cuci hingga bersih, kemudian rebus hingga matang dan benar-benar empuk. Jika sudah demikian, silahkan lumatkan wortelnya sampai halus, dan bubur wortel pun sudah siap untuk disantap si kecil.

4. Bubur Buah Pisang

Menu MPASI berikutnya yang jangan sampai bunda lewatkan, yakni berupa bubur buah pisang. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin A, posfor, kalium, kalsium, mangan, dan zat besi, yang tentunya kandungan tersebut sangat bagus untuk kebutuhan nutrisi si kecil. Cara membuat buburnya juga cukup mudah, dimana bunda hanya tinggal mengeruk bagian dagingnya saja, dan sudah bisa langsung disantap oleh si kecil.

5. Bubur Buah Pepaya

Berdasarkan dari hasil penelitian, buah pepaya itu memiliki kandungan enzim papain yang bermanfaat untuk melancarkan system pencernaan. Tak hanya itu saja, buah tersebut juga mengandung asam folat dan zat besi yang bagus untuk perkembangan otak, serta dapat memelihara kesehatan tulang dan gigi. Dengan kandungan nutrisi yang sedemikian rupa, tentunya bunda wajib memasukan bubur buah papaya ini pada daftar menu MPASI untuk si kecil.

6. Bubur Buah Alpukat

Menu MPASI terakhir yang sangat direkomendasikan bagi bunda, yakni berupa bubur buah alpukat.  untuk dijadikan menu mpasi bagi balita berusia 6 bulan. Buah alpukat itu sendiri memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, dan lain sebagainya. Cara membuat bubur buah alpukat => keruk bagian dagingnya, lalu lumatkan sampai halus. Agar rasanya lebih menarik lezat, bunda bisa menambahkannya dengan sedikit gula atau sirup.
Itulah beberapa menu MPASI yang cocok untuk bayi berusia diatas 6 bulan. Bagaimana, apakah bunda tertarik untuk membuat menu tersebut?

19 komentar:

  1. Aku juga pengenalan menu tunggal dulu mba. Tapi anakku masih kaya ga seneng makan huhu. Padahal blom ta kasi macem2 loh. Harus sabar emaknya waktu ngasih makan hihi

    BalasHapus
  2. Hiks anak saya gak suka pepaya. kurang suka ama buah juga sih, pisang tapi gak terlalu juga.
    jadinya banyakin sayur aja.
    Dan tetep dikenalin buah sedikit-sedikit biar jadi suka juga :)

    BalasHapus
  3. Untuk bubur kacang panjang. Bagaimana cara mengolah nya? Dulu waktu anak ku mpasi. Protein min 3 jenis. Porsi kecil. Beras. Sayuran. Tahu tempe. Ikan. Dan susu kesukaan nya. Mamam nya banyak. Dijamin.

    BalasHapus
  4. Saya sudah lewat jauh masa memberikan MPASI. Tetapi, waktu anak-anak saya masih masa MPASI, saya nyaris gak pernah kasih pisang. BABnya selalu keras. Setelah di atas 1 tahun baru saya kasih pisang

    BalasHapus
  5. Dulu pas anakku masih MPASI yang enggak pernah bikin bubur kacang panjang Mbak..
    Yang lain pernah.
    Manfaatnya banyak ya kalau bervariasi begini..Apalagi bikinan sendiri, lebih terjamin gizi dan kebersihannya pasti

    BalasHapus
  6. Anak pertama saya juga bikin bubur begitu mba, tapi anak kedua blw jadi gak bikin bubur. Jadi kangen bikin mpasi anak lagi

    BalasHapus
  7. Anakku tuh paling suka pas MPASI tuh MPASI buah pepaya, wortel dan pir. ENak banget makannya lahap. Untuk menu lain yang mba tawarkan, akan aku bilang ke iparku ya untuk mencoba :)

    BalasHapus
  8. Banyak juga ya ternyata menu MPASI. Kalau keponakanku cuma pernah diberi bubur buah pisang sama bubur sayur wortel aja.

    BalasHapus
  9. Yap waktu mpasi dah kucoba semua buburnya mba... sambil aku tambah daging, udang, cumi klo bukan bubur buah

    BalasHapus
  10. informatif.… nambah ilmu dan nambah wawasan.
    thank you for sharing

    BalasHapus
  11. wah anakku demen banget bubur alpukat dan bubur kacang merah campur asi mom.

    BalasHapus
  12. Alpukat selain banyak nutrisinya, rasanya juga enak meski nggak manis. Salah satu buah favorit saya nih.

    BalasHapus
  13. Jangan lupa menu 4 bintang hehe. Kalau aku selalu pakai standar WHO mbak. Jdnya saat mulai dulu saya udah pakai protein hewani. Maklum anakku mungil2 jdnya sama dokter gizinya langsung disuruh hajar protein hewani :D

    BalasHapus
  14. Masa MPASI adalah masa-masa remponb tapi mengasyikkan karena kita bisa berkreasi dengan makanan anak dan memastikan mereka mendapat asupan gizi yang baik ya mom.. aku juga lebih suka bikinin makanan sendiri ketimbang beli yang instan

    BalasHapus
  15. Hmm bisa jadi referensi untuk saya kelak kalau hamil lagi

    BalasHapus
  16. Jadi kangen masa-masa ngasih MPASI sama anakku, kalau dulu aku ngasih buah hanya untuk selingan. Makan besarnya tetap bikin bubur dengan kaldu ayam kampung serta isinya tergantung mood bundanya, hehehheee

    BalasHapus
  17. Wah aku juga suka ngepost menu mpasi. Hihi baru aja melewati masanya. Semangat mbaaaa. Emang seru ya nyiapin mpasi ituuu

    BalasHapus
  18. Baru tau ada bubur wortel dan kacang panjang, tapi apa enak ya yang kacang panjang dilumat-lumat itu? wkwk...

    BalasHapus
  19. Wah aku belum pernah nyoba bubur kacang panjang. Kebayang menyaringnya bikin pegel duluan. Hihi

    BalasHapus