Social Icons

Pages

Selasa, 09 April 2019

Alasan Kenapa Kita Harus Pijat Bayi Sendiri

Bayi, bukan hanya raga kecil, tapi kita harus menganggap dia sebagai manusia yang memiliki kebutuhan untuk disayangi dan dicintai. Bounding pertama kali yaitu saat inisiasi menyusui dini. Skin to skin ibu dengan bayi. Bayi akan merasa disayangi dan dicintai oleh sang ibu, dan ibu juga merasa lebih bahagia. Sayangnya masih belum banyak yang dapat melakukan hal ini saat bayi lahir.


Banyak hal di sekitar kita yang masih belum paham jika sebenarnya yang bertanggung jawab atas kehadiran bayi bukan hanya ibunya saja, tapi ayah dan orang sekitar juga wajib turut serta hadir didalamnya. Hadir yang dimaksud disini bukan hanya tentang keberadaan di tempat, tapi juga perhatian serta kasih sayang kepada ibu dan anak. Seperti yang kita ketahui tingkat baby blues dan depresi setelah melahirkan ini lumayan tinggi, nah disini Johnson,s mengajak kita untuk turut berkampanye sentuhan cinta agar ibu dan bayi di seluruh Indonesia bisa hidup bersama lebih bahagia.

Manfaat dari kebersamaan antara ibu dan bayi atau juga ayah dan bayi itu banyak sekali, selain dia akan merasa lebih disayangi, dia akan merasa bahwa aku ini ada. Aku adalah bagian dari mereka. Sehingga hal ini bisa membuat dia lebih bahagia yang otomatis bisa meningkatka rasa percaya diri yang akan tumbuh dalam diri anak nantinya. Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan dengan penuh cinta yakni dengan cara pijat bayi.


Bukan hanya nutrisi yang cukup tapi penting juga mendapatkan sentuhan ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi. Kenapa saaat mandi? Karena stimulasi juga bisa dilakukan saat mandi, merasakan suhu air, melihat wajah ibu, mendengar suara ibu, merasakan busa sabun dan sentuhan ibu. Multi sensori ini sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan bounding bayi dengan ibu.

Alasan Kenapa Kita Harus Pijat Bayi Sendiri: 
*Ibu adalah tempat ternyaman bagi anak, jadi tidak mungkin anak menolak apalagi berontak saat dipijat lembut oleh ibu.
* Kebutuhan setiap anak itu berbeda, yakin kalau yang paling mengerti itu kita sendiri, ibunya.
* Mempererat hubungan antara ibu dan anak.
* Meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga memperlancar saluran pencernaan bayi.
* Bisa mengurangi kerewelan bayi dan meningkatkan kesejahteraan bayi.
* Stimulasi sensorik saat dipijat terbukti membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat.


Tapi, jangan melakukan pijat bayi saat :
*Setelah makan, tunggu jeda 30 menit
*Saat bayi sakit sekalipun hanya batuk pilek
*Posisi tertentu, misal saat tidur dipaksa untuk dipijat
Yang terakhir pastikan kuku kita tidak panjang dan tangan kita keadaan bersih

Kita bisa melakukan pemijatan saat : 
*mau mandi oil
*saat mau tidur lotion
15 menit, tapi jika sebelum waktu pemijatan minta berhenti, lebih baik dihentikan sementara

Pijat bayi ini bisa dilakukan sejak bayi berumur 1 hari tapi ingat tekanan yang kita berikan, seperti kita menekan bola mata kita, jadi sebesar itu tekanan yang bisa kita berikan kepadanya. Semoga dengan kita rutin melakukan pijat bayi ini, hubungan emosional kita dengan anak kita semakin erat dan kasih sayang yang kita berikan akan selalu membuatnya tersenyum.

1 komentar:

  1. Baru tahu di acara ini kita tidak boleh memaksa bayi untuk dipijit. Dulu kakakku kalau ponakanku nangis pas dipijit dibiarin aja, padahal aku nggak tega..

    BalasHapus