Cara Buat Jamu Kunyit Asam Segar dan Enak

Jamu kunyit asam adalah minuman herbal tradisional Indonesia yang telah ada sejak zaman dahulu yang sangat terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan. Aku sendiri sebagai generasi millenial, cukup familiar dengan pembuatan jamu ini karena memang pernah diajari oleh ibu. Namun karena memang lebih praktis, tak jarang aku lebih memilih jamu yang tinggal seduh dan yang menjadi favoritku adalah Jamu kunyit asam dari Sidomuncul. Untuk mengobati penasaran teman-teman aku mau share resep jamu kunyit asam yang dulu pernah diajarin ibu aku ya. 


Teks paragraf Anda_20240312_105833_0000.png

Cara Buat Jamu Kunyit Asam 


Bahan:

- 2 ruas kunyit, parut

- 1 sendok makan asam jawa, larutkan dalam sedikit air

-  gula merah secukupnya

- 500 ml air matang


Langkah:

1. Campurkan parutan kunyit dengan air matang, aduk hingga rata.

2. Tambahkan larutan asam jawa, gula merah ke dalam campuran kunyit.

3. Aduk semua bahan hingga merata.

4. Saring campuran tersebut untuk memisahkan ampasnya.

5. Sajikan minuman kunyit asam ini dalam gelas dan nikmati.


Boleh banget kalau temen-temen mau bikin minuman kunyit asam dari resep yang aku share  tadi. Hanya saja mungkin yang kadang membuat aku mengurungkan niat untuk membuat yaitu bekas kuning dimana-mana yang alhasil mending beli sachet saja yang praktis tinggal seduh. Selain itu bahan yang digunakan juga pasti fresh, lain hal kalau kita mau bikin sendiri itu kadang porsinya nanggung banget soalnya kan bahan yang digunakan tidak bisa tahan lama. Nah itu salah satu kunci juga sih cara buat jamu kunyit asam segar dan enak yap menggunakan bahan yang fresh, karena kalau menurut aku bahan yang segar dan bahan yang sudah agak kering gitu rasanya kurang maksimal.


thumbnail-sido-muncul-minuman-kunyit-asam-sirih-5s-mengurangi-bau-badan20210903122109.png

Manfaat Kunyit Asam

Oia temen-temen tau nggak kalau ternyata jika kunyit asam ditambah dengan sirih, manfaat yang didapatkan bisa jadi lebih banyak lho. Nah Sidomuncul punya nih produk yang bisa memberikan manfaat jamu kunyit asam sirih biar nggak penasaran, aku bantu jabarin apa saja manfaat dan kelebihannya ya: 

1. Kesehatan Reproduksi Wanita

Kombinasi kunyit, asam, dan sirih dalam jamu ini sering dianggap bermanfaat untuk kesehatan reproduksi wanita, terutama dalam menjaga kebersihan organ intim.

2. Menyegarkan Badan

Kandungan sirih dapat memberikan sensasi menyegarkan dan memberikan rasa kenyamanan setelah mengonsumsinya.

3. Sistem Kekebalan Tubuh

Kunyit dan asam jawa mengandung antioksidan yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu melawan radikal bebas.

4. Pemeliharaan Kesehatan Mulut

Kandungan sirih dalam jamu ini sering dihubungkan dengan manfaat untuk kesehatan mulut, termasuk menjaga kesegaran napas dan mengurangi risiko masalah gigi.

5. Tradisi Jamu Indonesia

Kelebihan lainnya adalah keberadaannya sebagai bagian dari warisan jamu tradisional Indonesia, yang dianggap oleh sebagian orang sebagai pilihan alami untuk menjaga kesehatan.

6. Kemudahan Konsumsi

Jamu dalam bentuk tertentu serbuk, sehingga dapat memberikan kemudahan konsumsi tanpa perlu repot mempersiapkan bahan-bahan secara manual serta mempertahankan kualitas bahan yang bisa lebih terjaga.

Maka dari itu bisa jika kita mengkonsumsi jamu kunyit asam sirih ini bisa hempas bau badan, artinya kita tak perlu takut lagi untuk banyak melakukan kegiatan yang menghasilkan keringat karena badan tetap tidak berbau lagi. Jujur ini bermanfaat banget sih buat aku, yang dulu sempet insecure sama bau badan apalagi aku tipikal orang yang gampang berkeringat. Jadi kalaupun nantinya aku masak tiba-tiba suami peluk dari belakang, udah nggak takut bau kecut lagi karena keringat.

Hubungannya Gaya Hidup dan Pola Makan

Buat temen-temen yang bingung, apa hubungannya gaya hidup dan pola makan, termasuk kita minum jamu dapat mempengaruhi bau badan melalui beberapa mekanisme. 

1. Pemrosesan Metabolisme

Makanan yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Misalnya, makanan tertentu dapat diubah menjadi senyawa kimia yang diekskresikan melalui keringat, urine, atau pernapasan, memengaruhi aroma tubuh secara keseluruhan.

2. Pengaruh Bakteri Kulit

Kebiasaan makan juga dapat memengaruhi bakteri yang hidup di kulit. Bakteri ini dapat memproses komponen dalam keringat dan menghasilkan aroma tertentu. Pola makan yang tinggi gula atau lemak, misalnya, dapat mempengaruhi jenis dan jumlah bakteri di kulit.

3. Asupan Cairan

Konsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh untuk membuang toksin melalui keringat dan urin, mengurangi kemungkinan bau tubuh yang tidak diinginkan.

4. Keseimbangan Hormon

Gaya hidup yang sehat dan pola makan yang seimbang dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, yang juga dapat memainkan peran dalam regulasi bau tubuh.

Nah ternyata cukup berkaitan banget kan ya dengan apa yang kita konsumsi selama ini. Bagaimana teman-teman cara buat jamu kunyit asam kalau pakai produk dari Sidomuncul jadinya lebih praktis kan ya, udah nggak perlu bingung lagi untuk menghitung komposisi dan kesegaran bahannya. Kalau aku lebih suka minumnya ditambah air es, rasanya jadi lebih segar. Kalau kamu lebih suka diseduh hangat atau dingin, yuk share di kolom komentar.  


Komentar

back to top