Social Icons

Pages

Kamis, 03 Mei 2018

Pentingnya Asi Ibu

Pentingnya asi ibu, Kenapa harus asi? karena asi adalah minuman sekaligus makanan yang dibutuhkan bayi lahir sampai berumur 6 bulan, atau yang kita sebut dengan asi eksklusif. Namun tidam semua ibu bis memberikan ini, atau bisa memberikan secara maksimal.

Tips agar asi ibu cepat keluar , jika kehamilan tidak ada masalah, air asi ibu bisa di rangsang mulai kehamilan menginjak usia 7bulan. Mulai dari membersihkan puting, dan memberi pijatan lembut. Biasanya awal menyusui memang menyakitkan, apalagi kadang puting juga terluka. Maka dari itu awal sebelum menyusui bayi, berikan baby oil agar payudara tidak kaku dan bayi dengan mudah mengenyotnya. Pastikan posisi menyusui benar, menyusu tidak hanya di putinh tapi aerola penuh masuk ke mulut bayi. Untuk posisi duduk atay tidur pilih yang nyaman untuk ibu dan bayi saja.

Asi ibu baru melahirkan biasanya mulai deras disaat bayi usia 7 hari, namun jika di rasa kurang jangan buru-buru ganti dengan susu formula. Tips agar asi ibu cepat keluar dan bisa banyak yaitu bisa lakukan refleksi pijat, lakukan hal yang di senangi, makan makanan yang menunjang asi melimpah atau bisa juga minum asi booster yang ada di pasaran.

Usahakan menyusui anak hingga usia 2 tahun  terutama eksklusif selama 6 bulan karena fungsi asi ibu untuk sang bayi sangatlah banyak. Ternyata ada imunisasi diberi tenggat waktu itu karena usia air asi ibu. Ini pengetahuan baru banget untuk aku. Ternyata, antibodi dari asi melemah saat usia-usia anak diharuskan imunisasi tersebut.

Asi boleh dihentikan semenjak anak usia 2 tahun atau kita lebih kenal dengan istilah di sapih. Setelah disapih seharusnya asi berhenti sendiri setelah maksimal 2 bulan dari terakhir bayi menyusu karena asi berhenti produksi, namun jika lebih dari 4 bulan, 6 bulan atau bahkan hitungan tahun, dokter menyarankan agar kita periksa ke dokter kandungan. Aku baru tau ini juga, soalnya semua yang aku tanya sebelumnya pasti bilang biar saja nanti berhenti sendiri, atau jawaban.. jangan-jangan kamu hamil. Ternyata bukan, ini bisa terjadi karena gangguan otak, tapi sebaiknya tetap periksa saja dulu ke dokter karena ini bukan suatu hal yang normal, apalagi untuk yang pernah ada riwayat penyakit tumor sebelumnya. Ok nanti kalau sudah periksa saya tulis lagi kelanjutannya yaa...

Alhamdulillah acara kemarin bermanfaat banget banget buat aku dan aku share disini semoga bermanfaat juga buat teman-teman. Ingat kehamilan dan melahirkan adalah suatu keajaiban yang tidak semua orang mengalami. Bahagiakan dirimu sebagai ibu baru... nikmati hari-hari barumu dan cintai dirimu apa adanya. Semoga sehat selalu, ibu senang bayi pun juga tenang, karena asi adalah hak anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar