Social Icons

Pages

Sabtu, 29 September 2018

Tingginya Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Indonesia

Masih ingat beberapa kali aku membahas mengenai wirausaha mandiri? Beberapa hari yang lalu suami mendapat undangan komunitas Tokopedia dalam acara Maker Fest 2018. Nah, setelah ini masih ada undangan dari Shopee dan juga Bukalapak untuk selanjutnya. Aku baru sadar ternyata Indonesia ini orang-orangnya sangat kreatif dan pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia itu melaju sangat pesat. Bener nggak?


Sebenernya memang banyak sekali pengusaha Indonesia yang sangat berbakat, yang pastinya selain memajukan perekonomian Indonesia agar lebih baik juga turut membantu mengurangi angka pengangguran yang awalnya kian lama kian naik. Tapi Alhamdulillah makin kesini, angka pengangguran di Indonesia mulai menipis dan taraf hidupnya mengarah ke yang lebih baik.

Usaha Ekonomi Kreatif sendiri ini juga beragam dari satu wilayah dan wilayah lainnya, dan ini aku lihat rata-rata dari keadaan sekitarnya. Yang pasti hasilnya itu sangat bermanfaat untuk kehidupan bermasyarakat. Makin kesini makin banyak yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif ini, jadi kita nggak mulu-mulu impor, bahkan ternyata banyak sekali yang ada di Indonesia yang bisa di olah di tangan kreatif-kreatif ini, cuma kembali karena kurangnya pengetahuan dan pemasaran.

Alhamdulillah sekarang ini banyak sekali dukungan terhadap pelaku ekonomi kreatif ini, selain pemerintah terus mengadakan pelatihan dari dinas sosial, pihak lainnya juga turut membantu seperti wirausaha mandiri kemarin, atau Makerfest dan sebagainya yang turut serta membantu menambah pengetahuan dan juga pemasaran produk agar lebih meningkat.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi ini menjalar ke beberapa segmen, bukan hanya keuangan, tapi seperti ke sektor pangan, karena olahan pangan kini makin berkembang. Sektor jasa yakni banyaknya lapangan kerja baru misalnya saja ini 1 tentang zend money. Jasa platform untuk membantu para TKI untuk semakin mudah dalam pengiriman keuangan. Jasa-jasa lainnya yang bahkan belum pernah teripikirkan oleh kita sebelumnya.

Senang sekali rasanya kini banyak pelaku ekonomi kreatif yang sudah terbantukan. Semoga kedepan Ekonomi Kreatif Indonesia ini semakin maju ya, sehingga suatu saat nanti Indonesia bisa menjadi negara maju. Negara yang semakin makmur dan semakin membuat kita bangga menjadi Warga Negara Indonesia... aamiin ya rabb ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar