PCOS Kambuh Lagi? Kan Dulu Sudah Sembuh. Kok Bisa?

Menstruasi mungkin hal yang biasa bagi sebagian besar wanita, darah kotor yang akan dikeluarkan setiap bulan dan berwaktu satu minggu. Lain halnya dengan wanita dengan PCOS yakni Sindrom ovarium polikistik. Menstruasi 3 bulan sekali, 4 bulan sekali, 5 bulan sekali atau bahkan tidak mens selama satu tahun. Iya betul, tidak menstruasi bukan berarti kita sedang hamil. Walaupun tespek negatif pun juga bukan berarti tidak hamil. 


Beberapa hari yang lalu aku kembali mengunjungi rumah sakit dekat rumah untuk USG. Lha, ngapain kok USG? Ini yang kadang orang salah faham, kalau di dokter kandungan itu hanya ibu hamil saja, padahal tidak. Mungkin untuk teman-teman yang mengikuti ceritaku sudah tau, tapi aku cerita lagi boleh ya. Jadi, saat hamil Naufal itu aku tidak langsung 2 garis seperti wanita yang lain, tespek masih tetap negatif sampai usia kehamilan 7 minggu. Betul, sekalinya cek ternyata usia kandungan sudah 2 bulan. Apalagi kalau dibilang soal ciri-ciri hamil kan hampir sama seperti saat kita PMS. 

Nah balik lagi tentang PCOS ya, dari penjelasan dokter kemarin, jadi ini adalah gangguan hormonal yang bisa terjadi di wanita usia berapapun di usia subur. Banyak sekali penyebab gangguan hormonal, bisa karena kelelahan, pola hidup tidak sehat dan yang paling berpegaruh adalah beban pikiran stres. Kemarin aku di ruang malah jadi kayak curhat sama dokter, tapi memang harus tau letak masalahnya sih. Tapi Ahamdulillah hasil USG aku tidak ada masalah kesehatan, tidak hamil dan hanya PCOS yang kambuh. 

Tips mencegah PCOS berulang kembali :

Jaga berat badan

- Makan makanan sehat, perbanyak air ,sayur dan buah, kurangi makanan junkfood ataupun minuman manis-manis. 

- Olahraga berjeda, sehari olahraga sehari libur, jangan di geber langsung ataupun libur lama. 

- Jika dirasa berat badan berlebih, boleh diet maksimal bb turun 2kg sebulan, iya itu maksimal ya, 1kg atau seperempat kg perbulan pun tak apa. Yang penting jangan lebih, karena ini akan mengacaukan hormonal kita juga.

- Jangan tergoda diet tidak sehat, sungguh rebound berat badan itu akan menyiksa tubuhmu. Sebenarnya aku sempat diet non karbo juga sih, karena dermatitisku kambuh tapi ternyata malah degup jantungku lumayan kencang, akhirnya aku tetap makan karbohidrat juga. 

Hindari stress, Bahagia yuk

Overthinking, ada masalah terlalu dipendam, mood swing, ini sebenarnya banyak sekali wanita yang mengalaminya terlebih saat mengalami menstruasi dan ini bisa mengakibatkan menstruasi terhenti atau bahkan bisa memperpanjang waktunya. Lakukan hal yang menyenangkan hatimu ya, bisa menonton drama korea kesukaan, membaca buku atau apa saja yang bikin kamu senang pokoknya.

Lakukan hal ini jika kamu merasakan nyeri di bagian :

* Nyeri di perut => tidur telentang dengan kaki di ganjal, kompres hangat juga agar lebih rileks.

* Nyeri punggung dan pinggang => gunakan korset hindari penggunaan terlalu kencang dan lakukan olahraga peregangan otot setiap pagi dan malam menjelang tidur.

* Kesemutan atau bahkan nyeri kaki => hindari gerakan melompat untuk sementara waktu, olahraga ringan seperti jalan kaki lebih baik. 

Kapan sebaiknya kita datang ke dokter?
Sebenarnya jika tidak disertai keluhan berat, kita bisa melakukan tips diatas untuk beberapa waktu. Namun jika kita tidak menstruasi diatas 3 bulan disertai nyeri berlebih atau bahkan sampai menyiksa, keputihan yang berbau menyengat, pertumbuhan jerawat berlebihan karena pesan dokter, jika tubuh kita mengalami ini ada sesuatu yang salah, jadi daripada kita menduga-duga lebih baik konsultasi dan periksa ya teman-teman karena takutnya ada gangguan lainnya. 

Sungguh Maha Besar Allah yang menyayangi kita sebagai kaum wanita. Jangan merasa rendah diri ya teman-teman jika kita mengalami ini. Mungkin yang paling terlihat dari wanita yang mengalami PCOS ini jika ingin hamil kita butuh perjuangan lebih dari wanita lainnya. Kadang kita sedih melihat berita bayi di buang sedangkan kita saja ingin hamil kok susah. Tapi yakinlah kita bisa mencari ridho pahala dengan jalan lain. 

Aku bahagia banget punya sahabat yang selalu menyemangatiku. Tenang, Allah pasti akan memberikanya di waktu yang tepat, dan Alhamdulillah hatiku tenang. Betul yang penting terutama saat kita periksa itu fokus ke sehat saja dulu agar kita bisa melakukan kegiatan positif. Jika kita sehat dan bahagia Insya Allah akan lebih ringan. 

Terima kasih sudah membaca postingan ini, semoga bermanfaat. Pesanku buat semua teman-teman pejuang PCOS, jangan terlalu capek, jika ada sesuatu yang membuat kamu kepikiran, buruan cari temen curhat, tetep jaga kesehatan dan jangan lupa semangat terus ya. kalian semua wanita hebat :)

Komentar