Social Icons

Pages

Kamis, 23 November 2017

Permainan Montesorri Anak 1-2 Tahun

Montesorri itu apa sih? Montesorri adalah suatu metode pendekatan anak agar dapat lebih berkonsentrasi pada suatu kegiatan yang menarik perhatiannya. Nah, jaman sekarang ini kan apa-apa lebih ke gadget, Naufal nih yang mulai 1 tahun itu kalau ada orang pegang hape selalu pengen ikutan lihat. Sedih banget liat banyak temannya yang usia 2 tahun ini kecanduan hape, dan aku gak pengen dia dikit-dikit hape.

Aku awalnya nggak sadar kalau beberaapa permainan yang aku pernah kasih main ke Naufal itu ternyata permainan montesorri, yang aku lihat jelas itu dia enjoy banget mainnya dan juga awet, biasanya kalau main robot-robitan atau apa gitu palingan setengah jam dia udah bosen, tapi entah kenapa kalau main beginian itu dia bisa betah sampe 2-3jam, bahkan temen-temennya yang sudah TK juga suka banget kalau aku ajak mainan kayak begini.

Permainan montessori pertama kali yang dimainkan sama Naufal itu memindahkan kacang hijau dari 1 mangkuk ke mangkuk lainnya pakai sendok, wahhh ini dia betah banget, bahkan sampai seminggu mainannya yang di cari ya kacang hijau ini. Anteng banget juga, tapi kita harus awasi ya, takut kalau bakalan di makan, ya namanya anak-anak juga apa-apa sukanya dimakan. Sekarang dia lagi suka banget ngupas kentang rebus, nahh kalau ini mah dia makan juga nggak masalah. 

Dia suka banget ngerangkai-ngerangkai, berhubung dulu masih belum punya mainan kereta, tapi dia punya mainan mobil, dia bikin gabungan mobil jadi kereta. Jadi pernah aku tinggal sebentar ke kamar mandi, itu mobil sudah mengular dari pintu ruang tamu sampai kamar hehehe..

Permaianan montessori lainnya yang pernah dimainkan sama dia itu masukin karet gelang ke kertas yang dilipet ke botol minyak kayu putih kayak di gambar sebelah. Aku awalya iseng-iseng aja lipet-lipet kertas, ada tukang jepit lewat mau beli karet, eh diminta sama dia, yaudah aku bikin gini, eh dia anteng banget mainnya. Alhamdulillah yah hehehehe...

Banyak banget sisi positif yang bisa kita ambil dari bermain dengan permaianan montessori ini, selain harganya yang jelas murah karena kan kita mengambil bahan juga seadanya, dia belajar melatih tangan dan juga cara berpikirnya. Alhamdulillah usia 2 tahun ini Naufal makan sendiri dan makanannya jarang berserakan aliasnya rapi, yang paling kelihatan sih ini. Memang awal-awal dia belajar, dia bakalan meghamburkan beberapa suap makanan, tapi lama-kelamaan dia belajar makan dengan baik dan juga belajar mandiri. Semoga buibu bisa telaten yah, soalnya kadang juga sudah aku aja, ehh tapi ini biar anak jadi tau kalau semuanya butuh proses belajar. Kayak belajar jalan juga kan pasti kesandung-sandung. Yukkk nemenin anak kita bermain sambil belajar, Insya Allah berkah buat anak kita jadi lebih sayang sama kita dan kita jadi belajar sabar juga :)

4 komentar:

  1. anak saya juga nih mulai suka mainin hape gara-gara dilihatin video youtube kemarin. pengen beliin dia mainan lego biar lebih kreatif jadinya. tapi kayaknya mainan begini juga bisa dicoba euy di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak sekali-sekali ndapapa..tapi bingung itu kalau nanti sudah candu.. iya dicoba main yang kayak gini-gini aja lebih seru main rame-rame kdang ngajak temen-temennya dia

      Hapus
  2. Mbak kalau untuk ide permainannya sendiri bisa didapat dari baca buku montessari yang mana ya? Saya punya yang hitam ttg pengenalannya aja, katanya msh ada seri lainnya ya? Seru tu idenya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya iseng-iseng aja mbak, soalnya anakku tipe anak hiperaktif ga isa betah dengan 1 mainan, lari ke dapur ambil sutil baskom , buka lemari baju di dasari kayak orang jualan.. nah aku cari yang setidaknya bikin dia agak sibuk gitu.. ternyata ini termasuk montessori.. belom pernah baca bukunya.. tau istilah ini dari teman-teman di facebook sama instagram, ternyata banyak tutorialnya mbak... yukk dicoba :)

      Hapus