Social Icons

Pages

Senin, 23 Juli 2018

Puspagram Anak Indonesia - Hari Anak Nasional 2018

Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak-anak di seluruh pelosok negeriku tercinta, Indonesia. Setiap anak adalah aset generasi masa depan bangsa yang paling berharga. Seperti yang kita ketahui hak dasar anak yang ada 10 Jaminan Perlindungan HAM Dalam Peraturan Perundang-Undangan dan UUD 1945, tapi ternyata dalam penerapannya masih banyak yang belum bisa terlaksana.

Anak adalah warga negara yang sedang berproses. Kualitas hidup di masa anak-anak menjadi dasar bagi kualitas hidup di masa yang akan datang. Kita bisa melihat suatu bangsa karena tercermin dari protret kondisi anak-anak sehingga mereka perlu dijaga, dibina dan ditingkatkan kualitas hidupnya agar dapat bertumbuh kembang dengan optimal.

Hal inilah yang akhirnya mendorong adanya Program Peduli, tujuannya yaitu meningkatkan inklusi sosial bagi enam kelompok yang paling terpinggirkan di Indonesia.

Enam kelompok yang aku maksud tadi adalah :
  • Remaja dan anak-anak rentan
  • Masyarakat adat, dan lokal terpencil yang tergantung pada sumber daya alam 
  • Korban diskriminasi, intoleransi, dan kekerasan berbasis agama
  • Orang dengan disabilitas
  • Korban pelanggaran hak asasi manusia
  • Transpuan
Program peduli yang fokus bekerja untuk melindungi dan mendorong pemenuhan hak-hak anak dan remaja rentan ini mengadakan acara yang berlangsung di Surabaya dengan tema Temu Anak Peduli
"Puspagram Anak Indonesia"

Sejumlah 165 anak berusia 9 hingga 18 tahun dari 31 kabupaten di seluruh Indonesia yang terpinggirkan dan mereka berkumpul dari tanggal 20-22 juli 2018. Selama 3 hari itu mereka belajar, bemain, berkarya dan juga bertukar pikiran mengenai tema kebangsaan seperti gotong royong, literasi, kekerasan dan perundungan, toleransi, kepemimpinan dan kewirausahaan.

Kemarin tanggal 22 Alhamdulillah aku dapat undangan dari Program Peduli Anak yang diadakan di Surabaya dan hari ini 23 juli Hari Anak Nasional adalah acara puncaknya di adakan di Kebun raya Purwodadi, dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, wah... pasti anak-anak seneng banget ya..

Nah berhubung aku datangnya pas kemarin, aku bagi video pas acara kemarin aja ya...



Bagaimana perasaanmu setelah melihat video-video tadi? Merinding? iya.. Terharu? iya.. apalagi aku yang ada disana.  Alhamdulillah aku sangat senang bisa diundang ke acara ini. sepanjang acara dibuat terharu sama mereka. Sungguh... aku pun tak menyangka ternyata sadar atau tidak, kita juga membuat mereka merasa terpinggirkan dengan apa yang ada di sekitar kita.

Pertama kali acara pembukaan dimulai dengan nyanyi lagu Indonesia Raya, dari sini aja aku udah merasa nasionalisme kental banget. Lalu dilanjutkan dengan penampilan adek Dwi Ariani dengan tari angguk, tau nggak itu durasi aslinya panjang lho... salut dengan pelatihnya bisa mengajar, dan tentunya salut juga kepada dek Ariani yang mampu menghapal gerakan tari selama itu.

Acara dilanjutkan dengan presentasi, disini mereka menyampaikan apa saja yang selama ini mereka rasakan, kegundahan hati mereka mengenai kekerasan maupun perbedaan yang mereka terima dalam kehidupan bermasyarakat tapi dikemas dalam bentuk komedi baik drama maupun pembacaan puisi. Mereka juga menyampaikan impian-impian mereka di masa mendatang. betapa mereka juga ingin negara ingin maju, dan mereka juga ingin turut andil dalam memajukan negara kita ini.

Semoga ke depan kita bisa semakin peka terhadap apa yang ada di sekitar kita, semakin baik memandang ke depan, dan tidak ada diskriminasi maupun intoleransi lagi. Mari kita buat negeri kita lebih nyaman kita tinggali dan semoga ke depan bisa lebih baik lagi. Selamat Hari Anak Nasional, teruntuk anak-anak negeri... tetaplah bermimpi dan semangat wujudkan mimpi-mimpi kalian, karena aku yakin kalian bisa!!!

27 komentar:

  1. Semoga anak-anak Indonesia semakin bahagia :)

    BalasHapus
  2. Sepanjang acara itu, aku berusaha mencari-cari mana anak yang transpuan. Tapi kok aku tidak menemukan. Apakah kamu menemukannya?

    Ngomong-ngomong, kamu lihat apa di poster itu?

    BalasHapus
  3. Pengenalan budaya kepada anak se dini mungkin itu bagus ya, jadi lebih kreatif

    BalasHapus
  4. Mbak, transpuan itu yg kayak gimana ya? Aq baru baca nih, belum paham betul golongan anak2 yg begini.

    BalasHapus
  5. Walaupun programnya hanya tiga hari sangat berarti buat anak anak yang akan membuat pengalaman menjadi menarik

    BalasHapus
  6. Aminnn ya Mba. Semoga kita semakin peka dengan situasi dan kondisi anak-anak di negeri kita ini. Dimulai dengan belajar peka akan perasaan dan kebutuhan anak kita sendiri

    BalasHapus
  7. Suka deh sama acara yg peduli dgn anak2 semoga masih banyak lagi acara2 bermanfaat seperti ini

    BalasHapus
  8. Bagus sekali acaranya, peduli sama anak-anak. Btw Transpuan itu seperti apa ya mbak?

    BalasHapus
  9. Semoga dengan kegiatan ini nggak ada lagi yang namanya diskriminasi ke anak-anak, sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang sesuai usianya dan bahagia

    BalasHapus
  10. Selamat hari anak nasional. Semoga makin banyak anak yg bahagia di bumi Indonesia ini.

    BalasHapus
  11. Saya salut dengan peran pemerintah dalam menggalakkan program peduli. Semakin aware dengan anak anak berkebutuhan khusus.

    BalasHapus
  12. selamat hari anak nasional
    mari kita peduli kepada anak dimulai dari lingkungan sendiri
    semoga kedepan anak indonesia semakin nyaman hidup di negara ini

    BalasHapus
  13. Selamat hari anak Nasional!
    Videonya bikin haru.
    Miniatur buatannya cakep2.
    Moga anak bangsa makin diperhatikan dan terhindar dari kekerasan ya mbak

    BalasHapus
  14. Semoga pemerintah semakin peduli ya mba agar tercapai Indonesia Emas 2045

    BalasHapus
  15. Amiin ya allah. .
    Baca ini aki jadi ingat acara ttg kekrasan pada anak bbrapa bulan yg lalu waktu itu menteri yohana turut hadir. Kami juga di beri video anak2 indonesia yg memang bikin sedih dan tersentuh. Seperti diingatkan kembali bahwa kita sebagai orangtua sedang menanam benih2 generasi bangsa.

    BalasHapus
  16. Selamat hari anak Nasional! Semoga anak2 kita mendapatkan hak nya ya mbak, dan semoga makin bnyak yang mendukung program peduli ini.

    BalasHapus
  17. Selamat hari anak Nasional buat semuanya ❤️ semoga berbahagia selalu.. karena anak-anak ini kelak yang akan memimpin negara kita kedepannya

    BalasHapus
  18. Selamay hari anak nasional. Kita tak perlu bercita2 anak akan menjadi ini itu di masa depan. Yg terpenting skrg adlh bagaimana membuat mrk bahagia.

    BalasHapus
  19. Yuk sama smaa kita sukseskan program pemerintah ini, karena peran kita juga turut andil buat mencerdaskan bangsa dan menjadi anak bahagia.

    BalasHapus
  20. Semoga anak2 yang terpinggirkan memperoleh fasilitas buat sekolah, buat keluar dari lingkaran kemiskinan dll ya mbak.
    Semoga jg saat berhasi jd seseorang, mereka jg akan bantu mengangkat derajat anak2 lain yg pernah senasib dgnnya aamiin.

    BalasHapus
  21. Terharu sekali mbak liat videonya. Jadi banyak2 bersyukur dengan kondisi saya dan anak2 saat ini. Selamat hari hari nasional yaa

    BalasHapus
  22. Akuu terharu nontonnya. Semoga kelak semua anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan haknya ya :)

    BalasHapus
  23. Sediiiiiih banget mbak 😭 selamat hari anak nasional. Semoga anak-anak sehat, dan semakin mempunyai tempat untuk mereka dan mendapatkan hak nya.

    BalasHapus
  24. Semoga ke depannya tidak ada lagi anak Indonesia yg terpinggirkan. Semua anak memperoleh haknya, menjalani hidupnya dengan sewajarnya dan semestinya..aamiin

    BalasHapus
  25. Wah rame banget yaa pasti ada ratusan anak berkumpul di waktu yang bersamaan. Semoga anak-anak Indonesia bisa mendapatkan pendidikan dan kehidupan yang layak dan merata di seluruh pelosok negeri ^^

    BalasHapus
  26. Selamat Hari Anak Nasional... Seru banget pastinya melihat anak kompak bersama-sama menyuarakan semangat dalam pendidikan.

    BalasHapus
  27. semoga semua pihak aware denga issue kekerasan dan diskriminasi pada anak, sepanjang masa, tak hanya pada saat moment2 tertentu saja.

    BalasHapus