Social Icons

Pages

Senin, 19 November 2018

Wisata Banyuwangi Ala Backpacker - Wonderful Indonesia

Indonesia itu indah, Indonesia itu kata, Indonesia itu cantik. This is my country Wonderful Indonesia. Nggak pernah ada habisnya deh kalau bahas soal keindahan alam di Indonesia. Nah, semakin banyaknya informasi yang bisa kita dapat sekarang, kini banyak banget ya wisata yang bisa kita kunjungi, nah kali ini aku mau bahas wisata yang ada di kota ujung timur pulau jawa yang berseberangan langsung dengan pulau Bali, yap betul Banyuwangi.


Kenapa disini aku tulis ala backpacker? Karena yang bakal aku tulis disini itu wisatanya nyaris gratis, jadi untuk ke lokasi teman-teman bisa fokuskan untuk menggunakan kendaraan. Oia tidak ada kendaraan umum dari dan ke lokasi-lokasi yang aku sebutkan ini, tapi teman-teman bisa menyewa kendaraan bisa motor maupun mobil yang sesuai dengan budget teman-teman, karena liburan itu tak melulu harus mahal, yang terpenting adalah kita bisa menikmati suasana dan momen yang kita dapatkan. Penasaran di Banyuwangi ada wisata apa saja? Yuk simak postinganku kali ini.

Daftar Wisata Banyuwangi Ala Backpacker

Air Terjun Telunjuk Raung

Lokasi wisata yang satu ini berada di di dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kec.Songgon, Banyuwangi. Jarak dari pusat kota Banyuwangi sekitar 40km. Wisata alam yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang begitu luar biasa, bahkan sebelum kita berada di dalam area air terjun. Pemandangan Puncak Gunung Raung seolah memanggil dan mengingatkan kita untuk terus bersyukur kita terlahir di bumi Indonesia, tanah air yang kita cinta ini.



Air terjun yang sangat jernih, membuat kita ingin langsung menceburkan diri di dalamnya. Segar, sangat segar, bahkan aku yang hanya bermain di pinggir saja sudah ikut merasakan kesejukan airnya ini. Alhamdulillah disini juga minim sekali sampah, semoga tetap berlanjut seperti ini yaaa... Wisata disini sudah dilengkapi mushola, tempat parkir, kantin dan ruang ganti tentunya. Untuk masuk ke lokasi ini gratis, hanya di kenai parkir sebesar 5 ribu rupiah saja untuk sepeda motor.

Oia disini juga ada gazebo serta rumah pohon. Kita bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Sungguh alam terlihat sangat indah dari atas sini. Mungkin untuk teman-teman yang sekiranya tidak mampu berjalan ke air terjun, bisa menghabiskan waktu disini karena disini juga tidak mengecewakan. Nah, bule aja udah kesini... teman-teman kapan dong? :)

Air Terjun Kembar Arum

Masih seputar air terjun, aku rekomendasikan teman-teman untuk mampir ke wisata yang satu ini, lokasinya sebelum air terjun telunjuk raung, bahkan ini lokasinya sangat dekat dengan rumah warga, sehingga medan untuk menuju ke lokasi wisata masih sangat nyaman, karena pintu masuknya tidak terlalu jauh dari jalan raya.


Air disini memang tidak sejernih di air terjun telunjuk raung, tapi disini lebih aman untuk kita yang membawa anak balita dan ingin bermain air secara langsung karena ketinggian air yang cukup rendah, jadi bisa dibilang sebenarnya disini kita tidak bisa berenang, tapi ini sudah sangat menyenangkan dan menyegarkan. Setelah kita berpuas diri bermain air, kita bisa duduk-duduk di gazebo yang ada di dekat aliran air terjun, sambil menikmati gorengan plus minum kopi yang disediakan di warung yang tak jauh dari situ, surga dunia... 

Untuk masuk ke lokasi wisata disini juga masih gratis, biaya parkirnya juga 5ribu rupiah untuk motor. Disini sudah disediakan ruang ganti, gazebo yang aku bahas tadi, warung juga, jika teman-teman butuh ke mushola, bisa di mushola warga yang tempatnya pas sebelum parkir wisata.

Wisata Pinus Songgon

Ya sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini berupa hutan pinus yang di permak sedemikian rupa sehingga menjadi tempat wisata. Buat temen-temen yang suka foto-foto, disini cocok banget buat kamu. Istilahnya tempat ini itu instagramable banget, bahkan ada spot selfi disini, ini sih yang jadi daya tarik awal wisata ini.


Harga tiket masuk Wisata Pinus Songgon hanya 5ribu dan parkir motor 2ribu, murah banget kan ya buat kita yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Disini sebenarnya ada banyak arena permainan berbayar yang bisa teman-teman mainkan, ada safari berkuda, paint ball, arung jeram dan juga flying fox. Tapi buat temen-temen yang mager kayak aku, lebih suka bersantai-santai sambil ngobrol dan juga ngemil, disini juga pas banget deh pokoknya. Misal rujakan disini bareng temen-temen juga bakalan betah banget pasti.

Wisata Pinus Songgon ini juga memiliki beberapa wisata edukasi juga, seperti edukasi prosessing getah pinus, edukasi budidaya dan pengolahan selada air, wisata tani yakni belajar bertani dan juga tradisional fishing, kita bakalan diajari untuk menangkap ikan dengan peralatan tradisional dengan bubu. Belajar sambil berwisata, seru banget kan ya.


Yuk ikutan Wonderful Indonesia Blog Competition. Indonesia itu indah kok, indah banget malah. Jadi, yuk mari kita tunjukkan pada dunia kalau kita juga bangga dengan apa yang kita miliki. Yuk buktikan bahwa Indonesia ini ramah bagi traveler budget dunia. Oia jangan lupa jaga bersama ya kebersihan dan juga tatanan alam kita agar tetap lestari. Jadi, kapan kita mau ke Banyuwangi?

19 komentar:

  1. Tidak begitu jauh dari Bondowoso, nih. Wajib disambangi satu per satu. Nice sharing, Mbak. Wonderful Indonesia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan deket mbak.. Mampir gih dulu ke Banyuwangi

      Hapus
  2. Pas banget, makasih tulisannya
    Akhir tahun rencana mau ke banyuwangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah cocok ya mbak.. Hati-hati di jalan ya mbak lagi musim hujan

      Hapus
  3. Paling bercita2 pgn piknik di alam sama keluarga buesarku. Suka baca artikelnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik banget mbak piknik di mari.. Anak-anak pasti ga bosen

      Hapus
  4. Ada sodara di Banyuwangi. Penasaran dengan wisata alamnya di sanaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok ksana masss... Pasti bakalan ketagihan

      Hapus
  5. Banyuwangi, salah satu tempat di Jawa Timur yang masuk list untuk dikunjungi,
    Tulusan yang menarik mbak..

    BalasHapus
  6. Banyuwangi menyimpan banyak potensi, muantaaap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bner banget.. Ini sebenernya ada banyak banget di sekitar songgon itu.. Tapi takut kebanyakan ehhehe

      Hapus
  7. Kereeenn yak Banyuwangi, mau ke sana juga deh.
    Sejak pertengahan tahun di agendakan , belum terealisasi hingga kini hehe

    Menarik banget pula, low budget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukk mari ksana mbak.. Kalo boleh sarab pas ntar uda musim kemarau aja.. Klo hujan jalanan licin

      Hapus
  8. Kepengen main ke Banyuwangi, cuma ya itu kendala di transportasinya gak ada yang kendaraan umum. Padahal di sana wisatanya bagus-bagus kan.

    BalasHapus
  9. Wah Banyuwangi bagus! Kirain cuman Baluran aja, taunya banyaaakk~~~

    BalasHapus
  10. Aku pas ke banyuwangi ke hutan pinus songon

    BalasHapus
  11. Banyuwangi bagus ya. Pernah denger katanya pantainya juga cantik...

    BalasHapus
  12. Khas Indonesia banget Banyuwangi ini. Murah, alamnya karakteristik, dan relatif dekat dengan pemukiman warga pula :)

    BalasHapus