Social Icons

Pages

Minggu, 10 Maret 2019

Kenali Ciri-Ciri Aplikasi Peminjaman Online Terpercaya di Indonesia

Peminjaman online sekarang jadi salah satu solusi untuk mendapatkan uang tunai secara cepat tanpa jaminan. Sayangnya kemudahan ini tidak diimbangi dengan pemahaman yang baik untuk mengenali fintech yang bisa dipercaya dan kredibel.

https://lh5.googleusercontent.com/qCLDBm4hF4r7idSWRbGtiB2rloPl9Y6HbhJ4uAj_FXnicLRj4Mk_LmLBZVIXUU4YPvvMUOu1C2GlvzXvc_kvHHOQF-4P8TUNHXKlU5YTZoHaLDSxvg37gPMSHiVltQBDZAZHRnAm


Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) saja sudah mewanti-wanti agar masyarakat tidak mengajukan peminjaman online pada perusahaan yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebagai regulator lembaga keuangan yang sah di Indonesia.

YLKI bahkan sudah mendapatkan laporan dari masyarakat tentang keluhan terhadap 29 fintech di Indonesia. YLKI mengungkapkan, fintech tersebut kerap kali menawarkan pinjaman melalui SMS dengan menyertakan tautan menuju situs tertentu.

Agar kamu tidak menjadi korban selanjutnya, yuk kenali dulu ciri-ciri aplikasi peminjaman online yang terpercaya di Indonesia.

Biaya Transparan dengan Bunga Rendah 

Salah satu komponen yang perlu diwaspadai sejak awal adalah hidden fee atau biaya tersembunyi dari beberapa fintech nakal.

Sebelum mengajukan pinjaman, telusuri dulu situsnya secara lengkap. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang bunga, denda, sampai dengan biaya-biaya lainnya. Dengan cara ini kamu bisa mengkalkulasi seberapa besar potongan yang didapatkan saat mengajukan pinjaman.

Umumnya lembaga keuangan konvensional memberikan bunga antara 1-3% saja perbulan. Jika ada fintech yang menerapkan bunga pinjaman lebih tinggi, sepatutnya kamu sudah curiga dan menghindarinya.

Karena ada beberapa fintech yang membebankan konsumen dengan bunga sangat tinggi sampai 1% per hari. Ini pun sudah mendapatkan teguran dari OJK agar tidak membebani debitur dengan bunga yang sangat tinggi.

Aplikasi Resmi Dapat Diunduh lewat Google Play Store

Beberapa aplikasi fintech yang abal-abal kerap kali tidak diunduh melalui Google Play Store dan hanya menautkan link di situsnya saja.

Fintech yang resmi beroperasi di Indonesia, rata-rata sudah memiliki halaman resmi baik di Google Play Store maupun di Appstore. Hal tersebut sudah membuktikan bahwa mereka berbisnis dengan serius, bukan membuat aplikasi hanya untuk menjebak konsumen.

Lewat Google Play Store ini juga kamu bisa melihat feedback atau review dari para penggunanya. Dengan begitu kamu bisa lebih berhati-hati terhadap beberapa aplikasi yang punya review buruk.

Terdaftar di OJK

Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sederhana. Sayangnya memang tidak semua masyarakat paham. Untuk itu, informasi seperti ini juga perlu disebarkan agar bisa meminimalisasi kerugian yang diderita konsumen saat terjebak oknum fintech.

Salah satu ciri fintech terpercaya adalah terdaftar di OJK. OJK sebagai lembaga resmi juga memiliki kepentingan untuk melindungi masyarakat. Apalagi belakangan kerap kali muncul investasi bodong sampai mengakibatkan kerugian puluhan miliar rupiah.

OJK hadir sebagai “polisi” lembaga keuangan yang ingin beroperasi di Indonesia. Termasuk memberikan izin operasional atau lisensi kepada fintech yang memberikan kemudahan cicilan tanpa kartu kredit maupun pinjaman tunai secara instan.

Kredivo, Aplikasi Peminjaman Online Bisa Diajukan Tanpa Slip Gaji

Salah satu fintech yang terpercaya adalah Kredivo. Soal bunga, Kredivo termasuk fintech yang memberikan bunga 50% lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Bunganya hanya 2,95% per bulan, bukan per hari.

Semua biaya dalam kontrak ditampilkan secara transparan. Jadi, kamu sudah bisa mengetahui berapa biaya bulanan yang harus dibayarkan. Skema cicilannya pun paling fleksibel dengan pilihan antara 30 hari, 3 bulan atau 6 bulan untuk pinjaman tunai.

Untuk bisa mendaftar, kamu bisa unduh aplikasi resminya di Google Play Store maupun App Store dengan mudah. Selain itu kamu harus memenuhi beberapa persyaratan utama terlebih dahulu.

Kamu sudah harus berusia minimal 18 tahun dengan pendapatan bulanan minimal Rp 3 juta. Hal ini dilakukan untuk menghindari kredit macet. Oleh karena itu jangan pernah memalsukan data pendapatan atau slip gaji.

Jika dirasa slip gaji membuat kamu repot apalagi harus mencetak rekening koran, kamu tetap bisa mengajukan pendaftaran lewat Kredivo dengan memilih pengajuan cicilan express. Syarat cicilan express cukup menghubungkan akun digital yang sudah pernah digunakan untuk bertransaksi dan satu akun internet banking dengan mudah.

Layanan ini memang masih terbatas di beberapa kota saja, tetapi Kredivo punya coverage area paling luas meliputi wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Pastikan KTP kamu sesuai ya dengan wilayah tersebut.

Kredivo tak hanya fintech yang menyediakan layanan pinjaman uang saja kok. Kamu bisa memanfaatkan untuk membayar berbagai tagihan seperti BPJS, listrik hingga telepon. Bahkan kamu juga sudah bisa menggunakannya untuk melakukan pemesanan tiket pesawat. 

Kredivo memberikan kredit limit sampai dengan Rp 30 juta. Dengan begitu semua kebutuhan bulanan bisa dipenuhi dalam satu aplikasi saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar