Social Icons

Pages

Kamis, 01 November 2018

Berbagai Kendala Mobil Sejuta Umat Toyota Avanza

Siapa yang tidak kenal dengan mobil sejuta umat besutan Toyota Auto2000 yang satu ini. Yak, Toyota Avanza merupakan jenis mobil yang rata-rata msyarakat Indonesia pilih sebagai kendaraan roda 4 sehari-hari. Selain karena harganya yang relatif murah, harga jual kembali mobil Toyota Avanza ini pun juga relatif stabil jika dibandingkan dengan tipe lainnya.

Populasi Toyota Avanza dari generasi pertama pun mungkin bisa dihitung dalam satuan ribuan bahkan jutaan di Indonesia. Oleh karena itu, dengan semakin banyaknya peminat dan pengguna mobil jenis ini, dimanapun dan kapanpun kalian mengalami kerusakan part akan sangat mudah mencari bengkel yang mampu memperbaikinya. Ya walaupun banyak bengkel di luar sana yang mempunyai pengalaman yang banyak dan kemampuan handal, ada baiknya kalian tetap selalu melakukan service rutin pada service center resmi Toyota seperti dealer Auto2000 Bekasi Barat Bekasi.

Sejatinya melakukan perawatan rutin mobil sejuta umat ini sangatlah mudah, tetapi kebanyakan pemilik malas dan enggan memperhatikan beberapa hal kecil. Seperti kita tahu bersama, seberapa kecil part di mobil yang rusak, toh ujung-ujungnya akan merembet ke part yang lain, dan akhirnya menyebabkan kerusakan yang fatal sehingga menguras isi dompet kalian.
Semua jenis mobil mulai dari sedan kaleng sampai jenis SUV mewah sekalipun pasti memiliki kelemahan atau kekurangan. Hal tersebut yang jarang pemilik mobil dapat mengetahuinya, karena butuh penglaman dan ketelitian untuk dapat merasakan apa kekurangan dan kelemahan mobil kita masing-masing.

Pada kebanyakan Toyota Avanza yang sudah lebih dari 5 tahun pemakaian akan sering mengalami disakselesasi. Hal ini biasanya disebabkan oleh mesin yang tersendat ketika pedal gas mulai ditekan.
Disakselerasi pada Toyota Avanza juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya seperti kebocoran intake manifold, injektor bahan bakar yang kotor, atau juga busi yang sudah aus. Namun ada juga satu kesalahan yang sepertinya terlihat sepele namun bisa berakibat fatal pada performa mesin Toyota Avanza yaitu penggunaan oli mesin yang tidak sesuai rekomendasi.

Penggunaan oli mesin yang tidak sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan biasanya akan mulai terasa setelah pemakaian berulang dan jangka waktu tertentu. Selain itu, faktor kesehatan dari filter oli juga sangat berpengaruh pada performa mesin lho. Maka dari itu, kami sarankan untuk selalu mengganti oli sesuai standar pabrikan di dealer Auto2000 Bekasi Barat Bekasi.

Selain dari perawatan rutin, pengisian bahan bakar pun juga perlu diperhatikan. Pastikan kalian mengisi bahan bakar sesuai dengan ketentuan minimal RON yang telah direkomendasikan oleh pabrik. Jangan pernah sekali-kali mengisi bahan bakar yang memiliki kualitas dibawah standar tersebut. Hal ini bisa mengakibatkan knocking pada saat berkendara di jalanan menanjak. Knocking pada mobil terjadi karena sistem pembakaran dan jenis bahan bakar tidak stabil.

Tips Merawat Mobil Sejuta Umat Toyota Avanza

Apabila kalian menemukan mesin yang susah dihidupkan ketika pertama kali dipanasi, maka sebaiknya kalian cek terlebih dahulu terminal akinya. Apakah terminal aki dalam kondisi prima alias bersih atau sudah mulai berkarat. Jika dirasa perlu diganti, maka segeralah ganti dengan yang baru.

Jika terminal aki masih bagus, kalian bisa cek kondisi sumbu busi, apakah terlalu renggang atau tidak. Jika iya segera perbaiki hal tersebut, karena busi yang terlalu renggang akan mengakibatkan percikan api tersendat dan mesin mobil Toyota Avanza kalian sulit untuk dihidupkan. Kalian bisa mendapatkan terminal aki dan busi sesuai dengan standar pabrikan di dealer Auto2000 Bekasi Barat Bekasi.

Selalu rutin untuk melakukan pemanasan terhadap mesin Toyota Avanza kalian setiap hari. Ini bisa kalian lakukan setiap pagi selama kurang lebih 10 menit.

Gantilah oli mesin secara teratur dan sesuai dengan standar pabrikan. Ada baiknya kalian selalu mengganti di dealer resmi seperti dealer Auto2000 Bekasi Barat Bekasi yang jelas asli dan berkualitas suku cadangnya.

Bersihkan secara rutin filter udara. Membersihkan filter udara bisa kalian lakukan sendiri di rumah 2 hari sekaii atau setelah digunakan untuk perjalanan jauh. Jangan pernah menunggu sampai filter udara kalian tersumbat oleh kotoran dan debu yang menggumpal.

Kemudian yang juga tidak kalah penting adalah penggunaan aki. Selalu cek kesehatan aki kalian. Jangan pernah sekali-kali mencoba aki dengan merk abal-abal hanya karena tergiur harga yang murah. Aki adalah komponen yang sangat penting untuk sistem kelistrikan di mobil Toyota Avanza kesayangan kalian. Kalian bisa mendapatkan aki dengan kualitas terbaik di dealer Auto2000 Bekasi Barat Bekasi atau di sekitar tempat kaiian tinggal.

Yang terakhir adalah perawatan interior dan eksterior dari Toyota Avanza kalian. Selalu bersihkan interior Toyota Avanza kalian dari berbagai kotoran dan debu. Kalian juga bisa menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan karpet dan jok. Untuk bagian dashboard, kalian bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkan debunya. Lalu untuk membersihkan eksterior, pastikan setiap mencuci mobil, kalian menggunakan shampo mobil yang benar-benar aman untuk cat. Jangan pernah menggunakan sembarang shampo mobil, karena dapat mengakibatkan cat Toyota Avanza kalian cepat memudar. Untuk konsultasi berbagai jenis shampo dan bahan-bahan kimia yang boleh digunakan untuk mencuci mobil Toyota Avanza, kalian bisa berkonsultasi dengan bagian service di dealer Auto2000 Bekasi barat Bekasi.

Beberapa tips sederhana di atas bisa kalian terapkan sehari-hari agar mobil sejuta umat Toyota Avanza kalian selalu dalam kondisi prima dan siap digunakan kapanpun dan dimanapun.Keterangan lebih detailnya silahkan kunjungi link nya disini.

1 komentar:

  1. meski mobil saya agya..tp tetap sama sama toyota
    setidaknya miriplah ya tips perawatannya
    tapi yang merawat suami
    saya cuma numpang aja hehehe
    tapi bisa nih diinfokan ke suami

    BalasHapus