Belajar Literasi Keuangan Bersama Anak Jadi Seru dengan Mortgage Calculator Money Games

Sebagai seorang ibu, belajar bersama anak adalah salah satu hal yang wajib untukku. Perkembangan ilmu pengetahuan jaman sekarang sangat canggih, bahkan seperti yang kita tau, pelajaran sekolah pun sudah maju hingga sampai 3 kali lipat dari jaman sekolah orang tuanya dulu. Banyak pelajaran yang kita ambil saat belajar bersama anak, salah satunya tentang literasi keuangan. 

Jaman dulu aku baru mengerti keuangan sebatas menabung saja, lain hal jaman sekarang di kelas satu sekolah dasar pun sudah diajarkan tentang wirausaha. Sungguh kemajuan yang sangat positif sekali. Tentunya sebagai orang tua aku tidak ingin hanya pasif saja, aku ingin juga mengajarkan literasi keuangan kepada anak-anakku. Kebetulan anak sulungku sangat suka game, nah dari sini aku belajar bersamanya mengenai literasi keuangan dengan cara yang seru dan menyenangkan. Beberapa diantaranya yakni :

Idle Farming Business

Game yang satu ini berisi tentang bertani dan menjual hasil pertaniannya. Disini ada beragam tanaman yang bisa kita tanam mulai dari kentang, wortel, gandum, tomat hingga timun. Disini juga ada waktu buat memanen, sehingga anak juga diajarkan kalau bertani juga tidak langsung instan, ada proses sebelum panen itu terjadi, sehingga secara tidak langsung anak-anak akan lebih menghargai hasil pertanian. Nah setelah panen bisa dijual lalu hasil uangnya bisa digunakan untuk membeli bibit kembali atau untuk mengupgrade, jadi bisa membantu anak-anak untuk mengerti perputaran ekonomi yang ada di dunia pertanian. Kebetulan dia sangat suka tanaman, sehingga pengetahuan semacam ini sangat bermanfaat untuknya.

BBQ Roast

Game yang simple tapi cukup menyenangkan bagi kami. Disini kita mengelompokkan makanan yang akan dijadikan bahan untuk BBQ. Ada batas waktu juga untuk menyelesaikan misi disini, jadi anak diajarkan untuk belajar berpikir secara cepat dan tepat. Asah otak diperlukan untuk memainkan game yang satu ini namun cukup ringan, jadi anak juga bisa belajar dengan lebih menyenangkan. Design yang terlihat seperti nyata membuat anak-anak sangat menyukainya. Selain itu ada level yang harus dilewati juga, sehingga cukup menantang juga saat memainkannya. 

Merge Blocks

Game tentang bangunan sepertinya memang selalu menarik. Anak sulungku sendiri memang sangat menyukai permainan blocks sejak usia 3 tahun yang permainan langsung, jadi jika ada game seperti ini dia juga sangat tertarik. Penyatuan blocks yang sama sampai terbentuk yang sesuai dan bisa mencapai nilai tertinggi tentu menjadi kepuasan tersendiri. Asah otak juga diperlukan digame ini tapi tentunya dengan cara yang menyenangkan juga. Meskipun terkesan simple design gamenya tapi cukup menarik. 

Betul tiga game tadi adalah game favorit yang kami mainkan untuk belajar sambil bermain di Mortgage Calculator Money Games. Jangan khawatir disini ada banyak sekali game yang bisa teman-teman pilih untuk dimainkan. Alasan aku sangat menyukai game disini yaitu tidak menghabiskan banyak kuota, tidak perlu download aplikasi jadi bisa langsung dimainkan dan banyak game ringan tapi cukup seru untuk belajar.

Jaman sekarang memang kita harus bisa pilih pilah yang terbaik untuk anak-anak, apalagi memang jamannya sudah maju. Ponsel memang sudah menjadi bagian dari hidup kita dan kita harus yakin untuk mengarahkan mereka menuju masa depannya. Jika bermain untuk bisa belajar dan mendapatkan ilmu, jadi mengapa tidak.

Komentar

back to top